Light Dark

Sebelum Berkendara, Pantau Dulu Kemacetan Arus Lalin Gunakan 2 Aplikasi Ini

Aplikasi | 05 May 2022, 14:45 WIB
(Ilustrasi) Dua aplikasi ini bisa membantu kamu mengetahui kondisi lalu lintas yang akan dilalui berkendara | Unplash abillion

SUKABUMIUPDATE.com - Dua Aplikasi ini bisa membantu kamu mengetahui kondisi lalu lintas yang akan dilalui berkendara apakah terjadi kemacetan atau tidak.

Seperti kita tahu pada libur lebaran kali ini kemacetan terjadi dimana-mana terutama di ruas jalan menuju tempat wisata. Jalanan dipenuhi oleh mereka yang hendak kembali dari kampung halaman masing-masing dan juga mereka yang hendak berlibur mengisi waktu libur Lebaran.


Advertisement

Baca Juga :

Melansir dari Tempo.co, sebelum mulai berkendara sebaiknya gunakan Aplikasi perpetaan untuk mengecek kondisi jalan.

Beberapa Aplikasi perpetaan dapat memberikan informasi terkait kepadatan lalu lintas. Berikut Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kemacetan jalan.

1. Aplikasi Google Maps


Advertisement
photoIlustrasi Google Maps. - ( [Shutterstock])

Google Maps merupakan Aplikasi perpetaan paling populer saat ini. Banyak fitur yang dapat digunakan, salah satunya mengecek kondisi lalu lintas.

Dengan Google Maps, pengguna dapat mengetahui rute jalan secara cepat dan mudah dengan fitur Traffic.

Aplikasi besutan raksasa teknologi Google ini memberikan informasi kondisi lalu lintas secara real-time atau waktu nyata.

Sehingga dapat digunakan untuk mengecek kepadatan arus jalan untuk mengecek kemacetan arus balik.

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan fitur Traffic di Google Maps, berikut caranya:

Pertama, pastikan Google Maps sudah terpasang di perangkat, serta kamu sudah login menggunakan akun Google. Aktifkan fitur GPS di perangkat kamu.

Buka Aplikasi Google Maps. Kemudian, saat antar muka atau UI Google Maps menunjukkan peta telah terbuka, pilih ikon kotak bertumpuk di pojok kanan atas.

Antar muka Google Maps akan menampilkan sejumlah opsi. Pada bagian “Detail Peta”, pilih opsi Traffic atau Lalu Lintas.

Selanjutnya fitur Traffic akan memunculkan kode warna. Hijau untuk lalu lintas lancar. Oranye untuk arus lalu lintas terpantau sedang.

Serta, merah untuk arus lalu lintas sedang mengalami hambatan atau kemacetan. Makin gelap warna merahnya, maka kondisi jalanan terpantau semakin lambat.

2. Aplikasi Waze

photoAplikasi Waze. - (smpb.uwaterloo.ca)

Opsi lain selain Google Maps, kamu bisa menggunakan Waze. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store untuk Android, dan App Store untuk iOS.

Tak jauh beda dengan Google Maps, Waze juga memberikan informasi kondisi lalu lintas secara real time. Kondisi jalanan ditandai dengan beberapa warna. Merah untuk macet, kuning untuk sedang, dan abu-abu untuk kondisi jalanan lancar.

Bagi kamu yang ingin menggunakan Aplikasi perpetaan Waze ini, cukup download dan login menggunakan akun kamu.

Pastikan GPS aktif sebelum menggunakan fitur untuk memantau kemacetan arus balik di Aplikasi ini. Selanjutnya, buka Aplikasi dan informasi kondisi jalanan berdasarkan warna tersebut secara otomatis akan ditampilkan.

SUMBER: TEMPO.CO/HENDRIK KHOIRUL MUHID 

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran