Light Dark

Thailand dan Singapura, Destinasi Luar Negeri Favorit WNI di Libur Lebaran 2022

Travel | 03 May 2022, 22:00 WIB
Kolase wisata Thailand dan Singapura. Dua negara tersebut jadi favorit destinasi favorit wisata selama libur Lebaran 2022. | Agoda

SUKABUMIUPDATE.com - Thailand dan Singapura menjadi destinasi wisata regional favorit selama libur Lebaran 2022 bagi wisatawan Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Berdasarkan data perusahaan perjalanan online Agoda, Thailand menduduki peringkat pertama dari lima destinasi teratas untuk semua negara. Sedangkan Singapura di peringkat kedua.


Advertisement

Temuan ini diperoleh dari data pemesanan Agoda yang dikumpulkan pada 11 April 2022. Data tersebut merekam tanggal check-in pada pekan libur Idul Fitri sepanjang 1-9 Juni 2019 dan 1-14 Mei 2022. Sementara wisatawan Singapura menjelajahi perbatasan yang baru dibuka dan menjadikan Malaysia sebagai destinasi utama selama libur lebaran.

Untuk destinasi wisata internasional, wisatawan asal Indonesia, Malaysia, dan Filipina berbondong-bondong memillih negara dengan udara yang lebih dingin, seperti Inggris dan Amerika Serikat. Sedangkan wisatawan India mencari destinasi wisata dengan iklim yang lebih hangat, dan menempatkan Maladewa pada posisi teratas kemudian Uni Emirat Arab.

Perbandingan data pemesanan libur Lebaran pada 2019 dan 2022 menunjukkan pergeseran pilihan destinasi wisata. Pada 2019, Jepang menduduki salah satu pilihan destinasi teratas. Jepang berada di peringkat kedua destinasi yang paling ingin dikunjungi oleh wisatawan dari Filipina serta peringkat ketiga bagi wisatawan Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Namun tahun ini, Jepang keluar dari daftar sepuluh besar destinasi favorit karena masih tertutup untuk wisatawan.

Negara tujuan wisata favorit lainnya pada 2019, seperti Cina dan Hong Kong juga tidak masuk dalam daftar sepuluh besar tahun ini karena penutupan perbatasan. Temuan ini menunjukkan bahwa negara-negara yang melonggarkan pembatasan dan membuka pintu bagi wisatawan asing dapat memperoleh manfaat dari kedatangan wisatawan mancanegara selama musim liburan pada Mei 2022.


Advertisement

Mei juga merupakan bulan yang populer bagi wisatawan di seluruh Asia Tenggara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan India. Musababnya, ada tiga hari libur pada dua minggu pertama di bulan ini, yaitu Hari Buruh (1 Mei), Idul Fitri (3-4 Mei) dan Hari Raya Waisak (16 Mei). Periode libur tersebut membuka peluang untuk bepergian.

Data destinasi wisata teratas tahun ini juga menunjukkan para wisatawan memilih melakukan perjalanan lebih jauh. Negara-negara seperti Prancis, Turki, Jerman, dan Uni Emirat Arab muncul dalam pilihan tujuan utama. Swiss yang terkenal dengan cokelat dan pemandangan Pegunungan Alpen masuk dalam daftar sepuluh tujuan teratas di semua negara.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian