Light Dark

Tidak Hanya Covid-19, Dokter Ungkap Ancaman Penyakit Lain Saat Perjalanan Mudik

Sehat | 30 Apr 2022, 17:05 WIB
Ilustrasi Ancaman Penyakit yang Dapat Menyerang Saat Mudik Selain Covid-19 | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Tradisi Mudik lebaran tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap ekstra menjaga kesehatan selama melakukan perjalanan mudik.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Adib Khumaidi, Sp.OT., mengingatkan adanya ancaman kesehatan, tidak hanya infeksi Covid-19.


Advertisement

Sejumlah Penyakit infeksi lain juga bisa mengintai pemudik, terutama bila sistem imunitas tubuh sedang lemah. 

photoIlustrasi Bersiap untuk Mudik Lebaran - (Freepik)

"Mudik ini bukan hanya masalah Covid-19 saja, tapi juga bisa kenaikan perawatan di rumah sakit akibat kasus gastrointestinal (gangguan pencernaan), tipes, DBD, ISPA, itu pasti akan naik," kata dokter Adib ditemui Suara.com di Jakarta beberapa waktu lalu.


Advertisement

Mudik sehat dan aman penting dilakukan, bukan hanya mencegah diri dari infeksi apa pun, tapi juga melindungi orang lain agar tidak tertular.

Dokter Adib menambahkan, masyarakat harus memahami gejala yang mengarah pada suatu Penyakit agar bisa mendapatkan tindakan medis secepat mungkin.

"Kita tetap harus menjaga kesehatan, makan makanan bergizi, istirahat cukup, kemudian tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker."

"Kalau umpamanya tidak terlalu penting, tidak perlu terlalu bergerombol. Ini salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat," ujarnya.

Kelelahan selama perjalanan Mudik bisa jadi salah satu faktor penyebab munculnya gangguan kesehatan. Selain itu, makan yang dikonsumsi pun harus sesuai batas

Menurutnya, tidak masalah untuk mencicipi berbagai makanan dan minuman khas lebaran. Tetapi, jumlahnya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian.

"Pola makan yang tiba-tiba berubah dari puasa kemudian tidak puasa dan kadang-kadang karakternya kita senang makan banyak saat lebaran, ini yang bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit tadi," ujarnya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah