Light Dark

H-3 Lebaran, Pemudik Mulai Berdatangan ke Palabuhanratu Sukabumi

Sukabumi | 29 Apr 2022, 18:10 WIB
H-3 Lebaran, Terminal Tipe B Palabuhanratu Sukabumi mulai terjadi penambahan jumlah pemudik. | CRP

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki H-3 mudik Lebaran atau hari raya Idulfitri 1443 Hijriah, Terminal tipe B Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mulai terjadi penambahan jumlah pemudik.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, jumlah kedatangan penumpang dari luar kota mulai pukul 00.00 WIB hingga 16.00 WIB pada hari Kamis 28 April 2022 kemarin sebanyak 310 penumpang, sementara pada hari ini Jumat (29/4/2022) terjadi penambahan penumpang sebanyak 100 orang menjadi 410 penumpang. Adapun penumpang yang berangkat dari Terminal Tipe B Palabuhanratu dalam waktu yang sama sebanyak 274 penumpang. 


Advertisement

"Untuk jumlah kendaraan AKAP yang beroperasi di hari ini sebanyak 21 Unit, kemudian AKDP 37 Unit, dan MPU sebanyak 3 Unit," ungkap Pengawas Terminal Tipe B Palabuhanratu, Juanda kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Menurut Juanda, lonjakan penumpang yang datang dari luar kota ini sesuai prediksi karena biasanya lonjakan para pemudik di terminal ini terjadi di H-3 lebaran.


Advertisement

"Lonjakan ini sesuai prediksi, karena memang biasanya disini lonjakan penumpang biasanya terjadi di H-3 lebaran. Lonjakan terjadi kepada para pemudik bukan pemberangkatan, melainkan yang datang dari luar kota," tuturnya.

Juanda menuturkan pihaknya akan lebih fokus ke libur lebaran, yang dimana lonjakan penumpang akan lebih signifikan.

"Untuk saat ini kita lebih fokus ke libur lebarannya, karena biasanya, lonjakan penumpang signifikan akan terjadi di H+1 Lebaran untuk berwisata. Mengenai hal tersebut kita akan koordinasikan dengan perusahaan transportasi yang beroperasi di terminal Palabuhanratu," pungkasnya.

REPORTER: CRP 3

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian