Light Dark

Tips Mencegah Microsleep saat Mudik Lebaran Menggunakan Mobil

Mobil | 29 Apr 2022, 08:00 WIB
(Ilustrasi) Microsleep atau kondisi tidur singkat selalu mengintai setiap pengendara termasuk saat mudik lebaran | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Microsleep atau kondisi tidur singkat selalu mengintai setiap pengendara termasuk saat mudik lebaran.

Melansir dari Tempo.co, fenomena ini menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan.


Advertisement

Microsleep merupakan kondisi kelelahan luar biasa pada tubuh yang menyebabkan tertidur secara singkat dan tiba-tiba dalam waktu sekian detik. Kondisi ini dapat berulang meski sudah beristirahat dalam beberapa menit.

Baca Juga :

Penyebab Microsleep

photo(Ilustrasi) Microsleep sangat berbahaya jika terjadi saat berkendara - (iStockphoto)


Advertisement

Fenomena ini tidak hanya terjadi saat mata terpejam tetapi juga bisa terjadi dengan kondisi mata terbuka. Berikut ini penyebab mengalami Microsleep dan cara mencegahnya, dikutip dari Healthline.

1. Gangguan tidur

Jika memiliki riwayat gangguan tidur seperti insomnia atau apnea tidur, kondisi tersebut lebih berisiko terserang Microsleep saat beraktivitas. Hal tersebut dipengaruhi oleh penurunan kualitas dan kuantitas waktu tidur yang bisa menyebabkan penurunan kerja otak pada siang hari.

2. Jam tidur kurang

Bagi yang sering tidur malam kurang dari enam jam, kondisi tersebut dapat menyebabkan waktu tidur berkurang.

Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas sehingga dapat meningkatkan risiko mengalami Microsleep sewaktu-waktu.

Tips Menghindari Microsleep

photoIlustrasi Kopi - (Freepik)

Guna menghindari terjadinya Microsleep saat berkendara, lakukan cara berikut:

1. Minum secangkir kopi

Jika kurang tidur tidak ada salahnya minum kopi. Namun, perlu diingat kafein pada kopi butuh waktu 30 menit untuk dapat bereaksi pada tubuh. Itu membuat Anda tetap bisa melakukan aktivitas agar tetap terjaga, seperti mengobrol saat berkendara.

2. Cukup istirahat sebelum berkendara

Waktu tidur yang cukup berkisar 7-9 jam sehari. Tidur cukup dapat membuat pikiran dan badan lebih segar. Anda pun bisa terhindar dari microsleep.

SUMBER: HEALTHLINE | TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran