Light Dark

Tips Menjaga Jarak Aman Kendaraan di Tengah Padatnya Lalu Lintas Libur Lebaran

Mobil | 03 May 2022, 16:00 WIB
(Ilustrasi) Menjaga jarak aman kendaraan di tengah padatnya lalu lintas libur lebaran sangat penting dilakukan oleh setiap pengemudi | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Menjaga jarak aman saat berkendara di jalan sangat penting dilakukan oleh setiap pengemudi.

Hal itu karena banyak kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan lain yang terlalu dekat, bahkan beberapa kasus hingga menyebabkan kecelakaan beruntun.


Advertisement

Karena itulah menjaga jarak aman antar kendaraan saat mengemudi di jalan raya sangat penting untuk meminimalisir risiko kecelakan.

Baca Juga :

Mungkin banyak yang bertanya berapa patokan jarak aman saat berkendara di jalan raya. Untuk yang satu ini ada banyak pendapat berbeda tentang jarak aman kendaraan.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga jarak aman kendaraan saat berkendara.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Menjaga jarak saat mengemudi - (iStockphoto)

1.Berpatokan pada Hitungan Detik

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jarak aman yaitu dengan menggunakan hitungan detik.

Menurut beberapa sumber, waktu tiga detik menjadi jarak yang aman untuk kendaraan kecil dan waktu delapan detik untuk kendaraan besar seperti truk atau bus.

Untuk mengukur tiga detik tersebut, kamu bisa berpatokan pada sesuatu di pinggir jalan yang dilewati kendaraan di depan seperti pohon, bangunan atau tiang listrik.

Kemudian hitung dari sejak kendaraan di depan melewati anda tersebut hingga kendaraan kamu juga melewatinya, jika kurang dari tiga detik, berarti jarak kendaraan terlalu dekat.

2.Berpatokan Pada Roda Belakang Mobil di Depan

Cara yang kedua bisa dengan mengamati roda belakang mobil yang ada di depan

Kamu bisa mengamati apakah roda belakang mobil di depan masih bisa terlihat atau tidak saat mengemudi. Jika roda belakang masih bisa terlihat itu artinya jarak kamu dengan kendaraan di depan cukup aman.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran