Light Dark

Agar Mudik Nyaman, 4 Tips Mudik dengan Mobil Pribadi

Mobil | 27 Apr 2022, 23:00 WIB
(Ilustrasi) Mudik dengan mobil pribadi menjadi salah satu cara pulang kampung yang banyak dipilih | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik dengan mobil pribadi menjadi salah satu cara pulang kampung yang banyak dipilih karena dirasa lebih praktis dan hemat.

Namun, Mudik dengan mobil pribadi juga memiliki risiko seperti mengalami mogok ditengah perjalanan, lebih melelahkan dan sebagainya.


Advertisement

Untuk itu, ada beberapa tips Mudik dengan mobil yang bisa kamu lakukan untuk kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Baca Juga :

1. Siapkan mobil dan Fisik

photo(Ilustrasi) Tune up mobil - (Pixabay graphiclinegroup)


Advertisement

Memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik menjadi syarat utama. Anda bisa membawanya ke bengkel kepercayaan Anda untuk menyiapkan mobil, sehingga siap dibawa perjalanan jauh.

Mulai dari mesin hingga urusan AC dan kenyamanan di kabin, semua wajib dipastikan.

Poin yang tidak boleh dikesampingkan juga adalah kondisi kesiapan fisik Anda dan semua peserta Mudik dengan mobil yang turut serta.

Memang sudah tak lagi disyaratkan menggunakan tes antigen atau PCR. Tapi tes ini akan jadi tambahan yang baik untuk memantapkan kondisi fisik yang sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk menempuh perjalanan jauh.

2. Cari Tahu Rute yang Akan Dilalui

photoIlustrasi Google Maps. - ( [Shutterstock])

Menggunakan mobil artinya Anda bisa menggunakan berbagai ruas tol yang tersedia di Indonesia. Mencari info terkait ruas tol bisa jadi satu tips Mudik dengan mobil yang berguna, karena Anda bisa memetakan kira-kira jangka waktu perjalanan dan tempat-tempat istirahat yang bisa digunakan.

Pastikan Anda menggunakan ruas tol paling efektif dari tempat asal menuju lokasi tujuan, sehingga waktu perjalanan bisa dipersingkat.

Jika kira-kira ruas tol yang akan digunakan sangat padat, maka Anda bisa mencari alternatif lain sehingga tidak banyak menghabiskan waktu di jalan.

3. Jangan Lupa Isi E-Toll

photoGerbang Tol (GT) Pasteur di Bandung, Jawa Barat. - ( [Dok Jasa Marga])

Isi saldo E-Toll sesuai dengan biaya yang dihabiskan saat menggunakan ruas tol. Informasi tarif total tol bisa didapatkan dari artikel terkait, sehingga Anda tidak perlu khawatir saldo Anda kurang saat perjalanan dimulai.

Pengisian saldo ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mendatangi minimarket, kemudian melalui m-banking, dan lain sebagainya.

4. Cari Tahu Lokasi Rest Area Jalan Tol

photo(Ilustrasi) Rest area - (iStock)

Selain mempersiapkan perjalanan dengan mengetahui jalur tol dan tarif yang akan dihabiskan, ada baiknya juga Anda memetakan rest area yang akan digunakan.

Rest area adalah tempat istirahat yang tersedia sepanjang jalan tol, yang bisa digunakan siapa saja yang menggunakan fasilitas tol.

Meski ditempatkan secara strategis di banyak titik, namun tentu kebutuhan orang untuk beristirahat berbeda-beda. Maka dari itu, petakan rest area yang akan dilewati, dan perkirakan penggunaannya untuk meningkatkan efisiensi waktu perjalanan.

SUMBER: SUARA.COM/Made Rendika Ardian

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran