Light Dark

Cek Sebelum Digunakan Mudik, Ini 5 Tanda Busi Motor Harus Diganti

Motor | 26 Apr 2022, 08:00 WIB
(Ilustrasi) Busi perlu diperiksa secara rutin apalagi ketika motor akan digunakan perjalanan jauh seperti saat mudik | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Busi motor menjadi salah satu bagian penting dalam sistem kerja mesin dan harus selalu dipastikan dalam kondisi prima agar tidak mengganggu kerja mesin motor.

Namun, seperti komponen motor lainnya, Busi akan mengalami penurunan kinerja seiring penggunaan sehingga kamu perlu memeriksanya secara rutin apalagi ketika motor akan digunakan perjalanan jauh.


Advertisement

Baca Juga :

Ada beberapa tanda yang bisa mengindikasikan jika busi motor sudah tidak layak digunakan dan harus segera diganti.

1. Suara tidak seperti biasanya

Sebagai pemilik motor tentu kamu paham benar bagaimana suara mesin motor saat keadaannya prima bukan?

Namun saat busi motor sudah harus diganti, maka suara mesin akan menjadi brebet dan kurang mantap.


Advertisement

Untuk mencobanya, Anda bisa menarik gas maksimal saat kondisi gigi netral. Jika suaranya brebet, maka tandanya Busi harus diganti.

2. Mesin motor sulit dihidupkan

Tanda selanjutnya yaitu sepeda motor sulit dihidupkan. Hal ini berlaku untuk starter listrik di bagian tangan dan juga jenis kickstarter. 

Hal ini disebabkan pengapian tak lagi bisa diberikan oleh Busi sehingga percikan di ruang bakar mesin motor tidak cukup.

photo(Ilustrasi) Pemasangan busi motor - (via motodeal.com.ph)

3. Mesin kurang bertenaga

Ciri kedua adalah bahwa tarikan gas terasa kurang responsif. Hal ini juga disebabkan karena percikan api yang dihasilkan Busi kurang, sehingga pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Jelas, hal ini akan mengurangi performa motor secara umum.

4. Kondisi Busi berubah

Untuk memastikan kondisi dan keadaan busi, kamu bisa melakukan pengecekan rutin. Tanda Busi motor harus diganti selanjutnya adalah bahwa warna Busi sendiri sudah berubah, Busi berwarna coklat tandanya usia pakai hampir habis.

5. Mesin motor berhenti sesaat

Motor yang berhenti sesaat bisa terjadi saat kekurangan percikan api di ruang bakar atau silinder mesin. 

Saat kamu akan menambah sedikit tarikan gas, mesin akan kembali meraung normal. Namun ini jadi tanda Busi perlu diganti.

Lima tanda Busi motor harus diganti di atas tentu wajib menjadi pengetahuan dasar, untuk memastikan fungsi motor tetap optimal setiap saat.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran