Light Dark

30 Ribu Personil Disiagakan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran di Jabar

Jawa Barat | 22 Apr 2022, 17:30 WIB
Jamin mudik Lebaran 2022 M/1443 H aman dan sehat, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022. | Rizal FS/Biro Adpim Jabar

SUKABUMIUPDATE.com -  Sekitar 30.000 personel yang terdiri dari Polri, TNI dan dinas terkait dari Pemprov Jawa Barat (Jabar) disiagakan untuk arus mudik Lebaran 2022. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dan Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/04/2022).


Advertisement

"Personil yang disiapkan untuk mudik Lebaran di Jabar kurang lebih 30.000 personil. Pos pengamanan ada 330 dari Polri, dan diluar Polri ada 150, sehingga total 480 pos yang tersebar di jalur mudik, maupun tempat wisata," kata Gubernur.

Menurut pria yang akrab disapa Emil tersebut, gelar apel hari ini sebagai wujud sinergi Polri dan TNI bersama instansi terkait untuk menjamin masyarakat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 dengan aman dan sehat.

Dalam apel tersebut Emil menegaskan, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar siap menyambut dan melaksanakan kelancaran arus mudik Lebaran 2022. 

"Alhamdulillah di tanggal 22 April ini Jawa Barat sangat siap untuk melaksanakan kelancaran mudik Lebaran Tahun 2022," ujar Emil.


Advertisement

Baca Juga :

Emil menjelaskan, bahwa kegiatan Operasi Ketupat Lodaya 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari.

"Kegiatan Operasi Ketupat kalau di Jawa namanya Operasi Ketupat Lodaya 2022. Ini akan berlangsung 12 hari dari sebelum Lebaran hingga setelah Lebaran," ujarnya. 

Selain itu Emil juga memastikan bahwa Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) sudah bisa dilalui pemudik tahun ini. Tol Cisumdawu bisa dioperasionalkan hingga Exit Tol Cimalaka (Seksi III Jalan Tol Cisumdawu).

"Kepada pemudik dari arah Sumedang ke Majalengka tidak usah lewat Cadas Pangeran karena bisa langsung ke jalur Cisundawu. Jalur Cisundawu sudah boleh dipergunakan sampai Exit Tol Cimalaka. Itu kabar baiknya," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menegaskan kesiapan personilnya dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Pengecekan jalur arteri dan jalan tol sudah kami laksanakan. Alhamdulillah, jalannya bagus sekali, dan lampu penerangan untuk malam hari juga bagus, dan pos pam, pos terpadu tersedia," ujar Suntana.

Kapolda juga menyiapkan pengamanan di sejumlah fasilitas rekreasi, tempat istirahat, dan sentra vaksinasi sesuai arahan Gubernur.

"Selain melaksanakan pelayanan pengamanan, sesuai dengan arahan Gubernur, kami menyiapkan pula sentra vaksinasi di seluruh pos pam dan pos terpadu yang ada," pungkasnya.

SUMBER: HUMAS JABAR

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian