5 Tips Menjadi Perempuan yang Menginspirasi untuk Menjadi Kartini Modern

Kamis 21 April 2022, 08:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, tepatnya tanggal 21 April merupakan peringatan Hari Kartini. Hari dimana lahirnya seorang sosok inspirasi bagi seluruh perempuan di Indonesia, yaitu Raden Adjeng Kartini.

Kartini dalam hidupnya memperjuangkan kesetaraan hak-hak perempuan Indonesia di masa lalu. Seiring berjalannya waktu apakah situasi perempuan ini sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ibu Kartini?

photoIlustrasi Sosok Ibu Kartini - (IST)</span

Melansir dari suara.com, ada sosok Farah Djalal PhD, seorang dosen universitas dan salah satu pendiri HatiPlong berbagi pengalaman pribadinya selama karirnya yang diharapkan dapat memberikan tips yang berguna bagi wanita muda yang sedang melalui fase kehidupan yang sama dan memperjuangkan hak-haknya seperti Ibu Kartini namun dengan cara yang berbeda.

Meskipun banyak perempuan Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi, memiliki jenjang karir yang baik, dan memiliki posisi strategis dalam karirnya, perjuangan mereka tidak hanya untuk mencapai hal tersebut, tetapi juga perjuangan melawan ekspektasi masyarakat dan stigma yang ada. Pernahkah Anda memikirkan dampaknya terhadap kesehatan mental mereka?

Pendidikan tinggi bagi Farah Djalal, salah satu pendiri HatiPlong yang mengenyam pendidikan Psikologi hingga S3 di Leuven, juga disertai dengan konsekuensi dari lingkungan sekitar terkait pilihannya untuk mengejar gelar doktor. 

Beberapa kata yang ditemui Farah selama hidup dan berkarir, '‘Jangan sekolah ketinggian, nanti laki-laki takut”.

Baca Juga :

Menurut Farah, jika seseorang, baik laki-laki maupun perempuan, terus-menerus dihadapkan pada tuntutan sosial yang tidak sesuai dengan nilai-nilainya sendiri, dapat berdampak pada kesehatan mentalnya. 

Farah menambahkan, kecemasan dan depresi seringkali diakibatkan oleh kegagalan memenuhi tuntutan dari dalam dan dari lingkungan, dan ini sangat berbahaya.

Tampaknya cita-cita Kartini untuk persamaan hak dan kewajiban perempuan Indonesia telah tercapai, bahwa tidak ada batasan hukum bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan tinggi dan posisi strategis dalam berkarir. 

Namun, norma dan harapan yang ada di masyarakat masih berpotensi membatasi perempuan Indonesia untuk sejahtera secara mental.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat berguna jika Anda ingin menjadi Kartini modern, sekaligus perempuan yang menginspirasi:

1. Cobalah Bergaul dengan Orang-orang yang Memiliki Pemikiran Possitif

Berada di sekitar orang-orang negatif dan tidak menghargai upaya yang kita lakukan dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan kita menjadi lebih buruk. Kita tidak selalu bisa mengubah perilaku dan pandangan orang lain tentang apa yang kita lakukan. 

Untuk itu, jika kita tidak mampu mengubah sumber masalah, mari cari orang-orang yang positif dan kelilingi diri kita dengan mereka.

2. Temukan Dukungan Sosial yang Baik

Tidak peduli seberapa kuat kita, kita masih membutuhkan orang lain untuk mendukung kita. Ada kalanya kita merasa lelah, tidak ada salahnya untuk istirahat dan bergantung atau meminta bantuan orang lain. Jika perlu, carilah dukungan atau bantuan dari seorang profesional seperti psikolog.

3. Jadilah Diri Sendiri dan Lakukanlah Apapun yang Anda Inginkan

Ini hidupmu! Anda menulis kisah hidup Anda. Jadilah diri sendiri untuk menemukan apa yang paling Anda inginkan dalam hidup Anda. 

Kemudian rencanakan perjalanan Anda untuk mencapainya. Jangan hidup hanya untuk membahagiakan orang lain.

4. Hargai Setiap Usaha yang Anda Lakukan

Roma tidak dibangun dalam satu hari! Tidak ada usaha yang instan, semua butuh proses. Hargai setiap usaha dan langkah yang Anda ambil untuk mencapai apa yang Anda cita-citakan. Kegagalan itu biasa, yang terpenting jangan menyerah.

5. Sadarilah Jika Setiap Orang Memiliki Nilai dan Budaya yang Berbeda

Setiap orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda, sehingga nilai dan prinsip yang dianut pun berbeda. Kita tidak bisa memaksakan nilai yang kita miliki pada orang lain, dan begitu pula sebaliknya. 

Hargai pendapat mereka walaupun berbeda, coba untuk pahami sudut pandang mereka, namun kita tidak harus selalu mengubah nilai dan prinsip kita. Ambil yang baik, buang yang buruk, dan jangan lupa untuk bertoleransi.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin