Dua di Jabar, Berikut 5 Jalur Mudik Menantang di Indonesia Bagi Pengemudi Mobil

Rabu 20 April 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik merupakan tradisi pulang kampung yang biasa dilakukan warga Indonesia menjelang Lebaran dan jalur mudik sendiri merupakan jalan yang dilintasi para pemudik saat melakukan perjalanan dari tempat rantau menuju kampung halamannya.

Melansir dari Tempo.co, jalur mudik tersebar di berbagai daerah dengan akses jalan yang beragam. Saat ini, bagi pemudik dengan minimal kendaraan roda empat bisa melintasi jalur darat dengan mudah dan cepat melalui jalan tol. Namun, tidak semua jalan tol terasa nyaman dan memiliki medan yang sama.

Baca Juga :

Beberapa jalur dianggap menantang bagi sebagian besar orang. Jalur mana saja yang termasuk menantang untuk dilalui ketika mudik? berikut adalah jalur mudik menantang yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Tol Cipali

photoTol Cipali - (via auto2000)</span

Tol Cikopo atau Cikopo-Palimanan sepanjang 116 km ini memiliki beberapa titik tikungan dan tanjakan di sepanjang jalan. Konstruksi tol yang tersusun dari beton akan sedikit memberi efek guncangan bagi pelaku perjalanan tetapi tidak terlalu terasa.

Pemandangan di kanan-kiri tol berupa hamparan sawah dan hutan serta bukit-bukit kecil turut menemani pemudik di sepanjang perjalanan.

Setelah menikmati perjalanan dari KM 110 yang beraspal, pemudik akan kembali melintasi jalur beton di KM 160, ada sejumlah tikungan yang harus dilalui.

Goyangan akan sangat terasa saat pemudik melintasi jalur tersebut. Setelah menemui tanjakan di KM 182 ketika pemudik melintas dari Jakarta menuju Cirebon, pemudik akan menemui tikungan ke kanan yang menantang sebelum keluar dari gerbang tol Palimanan menuju ke Tol Pejagan.

2. Jalan Nagreg

photoJalur Nagrek - (YouTube kemenPUPR)</span

Nagreg adalah jalur utama yang berlokasi di sebelah selatan Jawa Barat. Pemudik yang melintasi jalur ini biasanya memiliki tujuan berbagai kota di selatan Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Garut, Banjar, dan Ciamis.

Selain itu, pemudik yang memiliki tujuan kota di selatan Jawa Tengah seperti Cilacap, Kebumen, dan Yogyakarta juga melintasi jalur ini. Sehingga, tidak heran jika jalur mudik ini selalu padat saat menjelang lebaran dan arus balik.

3. Jalur Alas Roban

photoJalur Alas Roban - (via mobimoto.com)</span

Setelah melintasi Kota Batang, pemudik akan memasuki jalur Alas Roban yang membentang dari Kecamatan Subah-Gringsing.

Salah satu ruas jalan di Jalur Pantura ini sering dijuluki sebagai jalur maut lantaran kondisi jalannya yang menantang dan sering membahayakan pengguna jalan.

Sepanjang jalan jalur Alas Roban dikelilingi hutan jati di kanan-kiri dan memiliki sejumlah tikungan tajam. Turunan dan tanjakan di jalur ini juga cukup tajam.

Sebaiknya, pemudik yang melintas jalur ini pada malam hari ekstra hati-hati. Hal itu karena lampu penerangan di sepanjang jalan cukup minim. Beberapa titik jalur yang rawan kecelakaan di antaranya Kecamatan Tulis, Subah, dan Gringsing.

4. Jalur Arteri Weleri

photo(Ilustrasi) Jalur Arteri Weleri - (via swarakendal)</span

Jalur Arteri Weleri bakal ditemui oleh para pemudik ketika memasuki perbatasan Batang-Kendal. Jalur ini juga rawan kecelakaan, terutama di tikungan Desa Tratemulyo, Kecamatan Weleri.

Setelah keluar dari Arteri, menuju ke arah timur dengan lurus, pemudik akan menemui jalur lain yang rawan kecelakaan seperti Desa Truko, Kecamatan Kangkung, Desa Gondang dan Karangayu, Kecamatan Cepiring, dan Arteri di Desa Brangsong dan Arteri Kaliwungu.

Sama halnya dengan arus mudik di beberapa tahun sebelumnya, sepanjang jalan tersebut rawan terjadi kecelakaan.

5. Jalur Jembatan Kelok Sembilan

photoJalur Kelok Sembilan - (YouTube Andre Gunamwan Official)</span

Bagi para pemudik asal Sumatera, nama Jembatan Kelok Sembilan sudah tidak asing didengar. Jembatan ini menjadi lokasi transit dan ikon wisata.

Dinamakan kelok sembilan lantaran medan jalan ini berkelok-kelok melewati perbukitan di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Awalnya, jalan itu membentang lurus sepanjang 300 meter dengan lebar jalan lima meter yang mulai dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1908-1914.

Namun, sejak tahun 2003 mulai dilakukan pembangunan Jembatan Kelok Sembilan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan konsep green construction yang berada di wilayah cagar alam.

Jembatan tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp 580 miliar dan dikerjakan dalam kurun waktu sepuluh tahun.

Masing-masing enam jembatan Kelok Sembilan memiliki panjang yang berbeda. Jembatan pertama dengan panjang 20 meter, jembatan kedua 230 meter, jembatan ketiga 65 meter, jembatan keempat 462 meter, jembatan kelima 31 meter, dan jembatan keenam 156 meter.

Seluruh jembatan memiliki lebar 13,5 meter dan memungkinkan para pengendara untuk parkir kendaraan di sisi jembatan.

Sumber: TEMPO.CO/RISMA DAMAYANTI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)