BPBD Bersihkan Material Longsor yang Timbun Satu Keluarga di Citamiang Sukabumi

Jumat 15 April 2022, 12:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD Kota Sukabumi melanjutkan pembersihan material longsor yang menimpa rumah di Jalan Lamping RT 04/05 Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Kamis malam, 14 April 2022. Hingga Jumat siang (15/4/2022) evakuasi masih dilakukan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani mengatakan longsor tersebut juga berdampak pada rusaknya saluran air sepanjang 20 meter dan lebar 2 meter di wilayah tersebut. "Kami bersihkan sebagian material longsoran untuk mengantisipasi hujan," kata Imran kepada sukabumiupdate.com.

Hingga kini, Imran belum menerima keluhan dari warga soal terganggunya aktivitas mereka akibat rusaknya saluran air tersebut. "Kami telusuri dampak rusaknya saluran air ini," ucap Imran. Ada kurang lebih 30 personel gabungan yang ikut proses pembersihan material. Alat berat pun rencananya akan didatangkan.

"Kami akan koordinasi dengan DPUTR. Saat ini fokus ke penyelamatan dulu," kata Imran.

photoBPBD membersihkan reruntuhan bangunan yang tertimbun longsor di Citamiang, Kota Sukabumi, Kamis malam, 14 April 2022. - (BPBD Kota Sukabumi)

Baca Juga :

Sebelumnya diberitakan, empat jiwa (satu keluarga) tertimbun material bangunan rumah. Para korban sempat tertimbun reruntuhan bangunan rumahnya yang ambruk. Mereka adalah Safira Putri (2 tahun) dan dirawat di ruang ICU RSUD R Syamsudin SH, kakaknya Saputra Bimantara (6 tahun), ibunya Siti Aminah (28 tahun), dan sang ayah Simantara (37 tahun).

Kejadian tersebut bermula saat fondasi gudang yang ada di atas rumah ambruk, setelah wilayah itu diguyur hujan, siang hingga menjelang malam. Material gudang yang ambruk itu menimpa dinding rumah hingga jebol dan menimpa semua penghuni yang sedang berkumpul di rumahnya.

Data sementara BPBD mencatat luas area yang terdampak bencana ini panjang 17 meter dan tinggi 3 meter. Taksiran kerusakan senilai Rp 61 juta dan taksiran kerugian senilai Rp 15 juta, dengan aset yang terdampak: bangunan rumah, alat-alat rumah tangga, dan satu unit mobil.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).