Light Dark

Hati-hati! 11 Aplikasi Ini Diam-diam Curi Data Pribadi, Berikut Daftarnya

Aplikasi | 14 Apr 2022, 21:00 WIB
(Ilustrasi) Pencurian data pribadi melalui aplikasi saat ini sangat rentan terjadi sehingga kita perlu lebih berhati-hati saat menginstal suatu aplikasi | Unplash Árpád Czapp

SUKABUMIUPDATE.com - Pencurian data pribadi melalui Aplikasi saat ini sangat rentan terjadi sehingga kita perlu lebih berhati-hati saat menginstal suatu Aplikasi pada gadged.

Melansir dari Tempo.co, baru-baru ini pihak Google dikabarkan telah menarik puluhan Aplikasi dari Google Play Store.


Advertisement

Keputusan ini diambil seiring ditemukannya kode rahasia dalam Aplikasi tersebut yang diam-diam mencuri data pribadi pengguna.

Dari 11 aplikasi, salah satu di antaranya adalah Aplikasi bertema “Doa Muslim” yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali. 

Temuan ini pertama kali diungkap oleh peneliti di International Computer Science, Serge Agelman dan Joel Reardon, dari University of Calgary.

Baca Juga :


Advertisement

Mereka menemukan data pribadi seperti nomor telepon, email, serta data copy-paste dapat dicuri peretas melalui seperangkat kode-kode khusus (SDK). 

“Setiap kali pengguna menyalin atau menempelkan sesuatu di clipboard, SDK atau kode rahasia yang tertanam di Aplikasi akan menjelajahi, mencuri, dan mengunggah data rahasia tersebut ke servernya," kata Joel Reardon seperti dikutip Tempo dari situs AppCensus. 

Agelman dan Reardon dalam laporannya yang dirilis pada Rabu, 6 April 2022, itu juga menemukan peran perusahaan Panama sebagai penerima kumpulan data-data pribadi yang berhasil dicuri.

Perusahaan tersebut diketahui menjalankan sistem Measurement System dengan membayar pengembang Aplikasi di seluruh dunia untuk melakukan aksi kejahatan.

photoilustrasi hacker - (ISTIMEWA)

Di samping itu, The Wall Street Journal melaporkan perusahaan dengan sistem Measurement Systems ini memiliki hubungan dekat dengan pihak pertahanan di Virginia, Vostrom Holdings.

Ia melakukan pekerjaan intelijen siber untuk lembaga pemerintahan Amerika Serikat. Data yang menjadi incarannya, terutama yang berasal dari Timur Tengah, Eropa Tengah dan Timur, serta Asia. 

Berikut 11 Aplikasi yang diam-diam mencuri data pribadi pengguna melalui kode-kode (SDK) yang tertanam di dalamnya: 

  1. Speed Camera Radar 
  2. Al-Moazin Lite (Prayer Times)
  3. WiFi Mouse(remote control PC) 
  4. QR & Barcode Scanner 
  5. Qibla Compass – Ramadan 2022
  6. Simple weather & clock widget
  7. Handcent Next SMS-Text w/ MMS
  8. Smart Kit 360
  9. Al Quran Mp3 – 50 Reciters & Translation Audio
  10. Full Quran MP3 – 50+ Languages & Translation Audio 
  11. Audiosdroid Audio Studio DAW – Apps on Google Play

Sumber: TEMPO.CO/HARIS SETYAWAN 

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran