Marc Marquez: Kecelakaan di MotoGP Indonesia Terburuk dalam Karier Saya

Sabtu 09 April 2022, 08:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Marc Marquez mengingat kembali kecelakaan pada sesi pemanasan MotoGP Indonesia 2022 pada Maret 2022 lalu. Menurut dia, kecelakaan yang dialami di Sirkuit Mandalika tersebut tak hanya melukai fisik tetapi juga mentalnya.

Marquez mengalami kecelakaan pada sesi pemanasan sebelum balapan. Ia mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V melintasi tikungan 7. Sebelumnya, Marquez juga mengalami kecelakaan pada sesi latihan kedua dan kualifikasi.

Marquez mengungkap dampak insiden yang dialaminya di MotoGP Indonesia 2022 pada kondisi fisik dan mentalnya. "Sebenarnya, saya tidak terlalu mengingatnya. Justru, video dan gambar terasa lebih nyata dibanding yang saya rasakan," ujar Marquez.

"Saya akui, seri Indonesia adalah GP terburuk sepanjang karier saya. Saya begitu sering kecelakaan dan saya tidak tahu apa penyebabnya," ujar pembalap berjuluk The Baby Alien berusia 29 tahun tersebut.

Saking terpukulnya, Marquez bahkan mengaku kehilangan motivasi untuk mengikuti seri selanjutnya di Argentina yang digelar dua pekan setelah MotoGP Indonesia 2022. "Saat itu sudah sangat dekat menjelang MotoGP Argentina 2022 tetapi saya tidak merasa termotivasi," kata dia.

"Saya merasa tidak siap untuk mengambil risiko di Argentina. Saya mendiskusikannya dengan tim dokter dan memutuskan untuk tetap beristirahat di rumah," ujar dia menambahkan.

Kini, Marc Marquez siap bangkit. Ia siap turun penuh di MotoGP Amerika yang selama bertahun-tahun menjadi balapan favoritnya. "Yang berlalu biarlah berlalu. Kini saatnya membangun kepercayaan diri kembali dan berproses," kata Marquez.

"Memang, Indonesia adalah momen sulit. Namun itu tak ada apa-apanya dibanding yang saya rasakan sesudahnya. Saya merasa beruntung masih bisa hadir di Amerika. Dibandingkan saat di Qatar, kondisi saya sekarang jauh lebih baik."

Bencana di Mandalika mengikis kepercayaan dirinya. “Tentu saja, dibandingkan dengan Qatar, kondisi fisik saya merasa sedikit lebih baik, tetapi memang benar bahwa dengan kepercayaan diri saya merasa jauh lebih buruk,” tutur Marquez.

Meski kepercayaan dirinya merosot, Marc Marquez masih dianggap sebagai penantang gelar juara MotoGP msuim ini. Pembalap Aprilia Aleix Espargaro saat ini memimpin klasemen dengan 45 poin. Sedangkan Marquez, yang kehilangan dua balapan, mengoleksi 13 poin atau berselisih satu poin dari Francesco Bagnaia.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa
Internasional23 April 2024, 15:10 WIB

2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan di Udara Saat Latihan, 10 Orang Tewas

Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan dan jatuh saat sesi pelatihan pada hari Selasa, 23 April 2024.
2 Helikopter Malaysia tabrakan di udara saat sesi latihan | Foto : Ist
Sukabumi23 April 2024, 15:04 WIB

One Agency One Innovation, Bupati Sukabumi Bicara Memperkuat Kebijakan Daerah

Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta setiap perangkat daerah dan kecamatan membuat satu program inovasi di setiap tahunnya.
Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2024 Tentang Tata Kelola Inovasi Daerah Tahun 2024, Selasa (23/4/2024) di Aula Hotel Augusta Cikukulu. (Sumber : dokpim kabupaten sukabumi)
Inspirasi23 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, silahkan daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK. (Sumber : Freepik)
Sukabumi23 April 2024, 14:45 WIB

Ada 8 Kali Sambaran Petir, Saat Insiden 2 Warga Tewas Tersambar di Cikembar Sukabumi

BMKG memetakan ada delapan kali sambaran petir di Sukabumi, tepatnya di sekitar jalan raya di Kampung Cimenteng RT 003/05 Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar, pada Ahad lalu, 21 April 2024.
Ilustrasi sambaran petir saat terjadi insiden 2 Warga Sukabumi tewas tersambar di Cikembar Sukabumi. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life23 April 2024, 14:30 WIB

5 Penyebab Seseorang Menaruh Rasa Iri, Ada Perbandingan Sosial

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa penyebab umum dari perasaan iri dan cara-cara untuk mengatasinya.
Ilustrasi. Tatapan mata seseorang yang iri. Sumber Foto : Pixabay/galery21
Sukabumi23 April 2024, 14:16 WIB

10 Tahun Alami Kebutaan, Titin Hidup Sebatang Kara Huni Rumah Reyot di Surade Sukabumi

Kehidupan Titin sangat memperihatinkan, hidup sebatang kara dan mengalami kebutaan. Titin sudah hampir 10 tahun tak bisa melihat.
Titin (56 tahun), dan kondisi rumahnya yang sudah lapuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi23 April 2024, 14:09 WIB

Ada di Utara Sukabumi, Kapolres Soal Potensi Terorisme yang Harus Diwaspadai

Polres Sukabumi telah beberapa kali melakukan penangkapan terduga teroris.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Aplikasi23 April 2024, 14:00 WIB

Cara Perpanjang SIM Secara Online: Begini Tata Cara, Syarat dan Biayanya

Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis.
Ilustrasi. Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis. | Foto: Istimewa