Light Dark

Talungtik: Anies AHY Menguat, Next Presiden Pilihan Warga Kota Sukabumi Hari Ini

Sukabumi | 05 Apr 2022, 10:09 WIB
Nama Anies Baswedan dan AHY menguat menjadi alternatif pilihan warga Kota Sukabumi sebagai Presiden Republik Indonesia. | Twitter

SUKABUMIUPDATE.com - Kurang dari dua tahun, rakyat Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2024. KPU RI bersama pemerintah dan DPR RI telah menetapkan pemungutan suara dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Sejumlah figur pun muncul menjadi alternatif pilihan masyarakat, termasuk di Kota Sukabumi.

Talungtik Institute melakukan survei terhadap warga Kota Sukabumi dengan pertanyaaan apabila pemilihan presiden Republik Indonesia dilakukan hari ini, siapa yang akan dipilih. Survei dilakukan pada Januari hingga Februari 2022 dengan 400 responden usia 17 tahun ke atas. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dan margin of error 4,92 persen.


Advertisement

Baca Juga :

Hasilnya, Direktur Talungtik Institute Isra Yanuar mengatakan Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki posisi teratas dengan 26,45 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 25,44 persen, kalah tipis dari Prabowo. Urutan ketiga ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 15,11 persen. Posisi keempat diisi nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan 11,34 persen.

Selanjutnya, posisi kelima ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan 7,30 persen. Keenam ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 2,52 persen. Ketujuh, Menteri BUMN Erick Thohir 1,51 persen. Kedelapan, Wakil presiden RI KH Ma'ruf Amin 1,26 persen. Kesembilan, Ketua DPR RI Puan Maharani 0,76 persen. Kesepuluh, Menteri Sosial Tri Rismaharini 0,76 persen. Sementara 7,56 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Nama Anies Baswedan dan AHY menguat menjadi alternatif pilihan warga Kota Sukabumi sebagai presiden Republik Indonesia, mengikuti nama-nama lain yang sebelumnya memang sudah ramai dibicarakan seperti Prabowo dan Ridwan Kamil.


Advertisement

Isra Yanuar mengatakan warga Kota Sukabumi dominan mudah menentukan pilihannya untuk Pemilu 2024. Sebab, persentase yang tidak tahu/tidak menjawab, sedikit. "Prabowo masih banyak dipilih masyarakat walaupun harus bersaing ketat dengan kelompok muda, khususnya Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, dan Sandiaga Uno," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Selasa (5/4/2022).

Talungtik Institute sendiri adalah salah satu lembaga yang menfokuskan diri melakukan aktivitasnya dalam survei politik, khusus di daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Lembaga ini sudah melakukan aktivitas survei politik sejak 2010.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur