Light Dark

3 April 2022, Google Doodle Tampilkan Jurnalis Wanita Siti Latifah Herawati Diah

Figur | 03 Apr 2022, 09:30 WIB
Google Doodle pada Ahad, 3 April 2022, menunjukkan gambar jurnalis wanita Siti Latifah Herawati Diah. | Google Doodle

SUKABUMIUPDATE.com - Google Doodle hari ini, Ahad, 3 April 2022, menunjukkan gambar seorang wanita dalam tiga tampilan. Dia adalah tokoh Siti Latifah Herawati Diah, seorang jurnalis dan tokoh pers Indonesia.

Siti Latifah Herawati Diah lahir di Tanjung Pandan pada 3 April 1917. Dia meninggal pada 30 September 2016 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, dalam usia 99 tahun.


Advertisement

Herawati belajar jurnalisme di Barnard College, New York. Setelah lulus ia kembali ke Indonesia pada 1942 dan menjadi reporter di United Press International (UPI).

Pada 1955, dia turut mendirikan The Indonesian Observer, surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia. Siti Latifah Herawati Diah menikah dengan sesama jurnalis Burhanuddin Mohammad Diah. BM Diah adalah Menteri Penerangan pada 1968.

Siti Latifah Herawati Diah juga memimpin upaya mendeklarasikan Kompleks Candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Dia kemudian menjadi seorang advokat untuk menyuarakan hak-hak perempuan dan mendirikan beberapa organisasi perempuan, salah satunya Gerakan Pemberdayaan Suara Perempuan.

SUMBER: TEMPO.CO


Advertisement

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur