Produk yang Sering Diburu Selama Bulan Ramadan Menurut idEA

Rabu 30 Maret 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selama bulan ramadan, produk-produk ini sangat digemari oleh konsumen dan selalu menunjukan peningkatan angka penjualan selama ramadan.

Dilansir dari Tempo.co, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menyebut, pola dan tren konsumsi masyarakat saat Ramadan akan mengandalkan layanan digital dalam pemenuhan kebutuhan.

Tren ini terlihat dari pengguna layanan digital yang sudah berkembang hingga 3,6 kali lebih banyak selama dua tahun belakangan.

"Menurut saya ini menarik, karena sebaran pengguna layanan digital tidak hanya berasal dari perkotaan sehingga peluang dan kompetisi dalam transaksi jual-beli makin terbuka lebar ke depannya," ujarnya, Selasa, 29 Maret 2022.

Baca Juga :

Bima mengatakan, tren komoditi atau produk yang digemari selama bulan Ramadan relatif sama dari tahun ke tahun, yakni makanan dan minuman untuk sahur dan buka puasa. Adapun makanan dan minuman ringan akan meningkat menjelang akhir bulan Ramadan.

Dia menjelaskan, peningkatan konsumsi ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan silaturahmi, acara buka bersama, hingga kiriman parsel yang meningkat selama masa pandemi.

photoIlustrasi Belanja Online - (Pexels)</span

Selain kuliner, fesyen seperti mukena, busana muslim, kosmetik hingga produk penataan rumah masih menjadi tren menjelang hari Raya Lebaran Idul Fitri atau minggu keempat selama Ramadan.

Di sisi lain, momen Ramadan menjadi kesempatan bagi para platform e-commerce untuk menuai banyak transaksi. Hal itu karena penduduk Indonesia lebih dari 270 juta jiwa, yang juga mengantarkan Indonesia sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama islam, sehingga momen seperti bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dipastikan akan menjadi momentum transaksi jual beli dalam rangka menyambut dan merayakan Hari Raya Umat Islam tersebut.

Bima menjelaskan, bulan Ramadan identik dengan momen ‘Saling Berbagi’, kehadiran para e-commerce sangat membantu dalam memudahkan transaksi, jasa pengiriman momen ‘berbagi' tersebut. Sehingga bisa dipastikan, dengan adanya peningkatan dan pengembangan tren layanan digital, Ramadan berpeluang besar membawa keuntungan bagi e-commerce.

"Kondisi tersebut didukung pula dengan kehadiran para milenial dan gen-z yang merupakan pengisi separuh populasi Indonesia, di mana kedua generasi ini dikenal dermawan dan hobi dalam berdonasi," ujarnya.

Disisi lain, dia menjelaskan, masyarakat Indonesia dikenal sangat loyal terhadap merek dan lebih menyukai merek lokal, atau dikenal memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap produk lokal. Oleh karena itu, ada dua peluang mata koin yang bisa dimanfaatkan.

Pertama, untuk meningkatkan produksi barang-barang dalam negeri, dan berkolaborasi dengan UMKM yang siap on-boarding digital. Kedua, memberikan stimulus kepada para customer, seperti voucher belanja, cuci gudang online, atau big online sale lainnya menjelang hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, berapa tantangan yang perlu dikelola platform selama Ramadan, salah satunya ialah keamanan dan kenyamanan pembayaran online, serta kesamaan produk atau kualitas yang diterima dan yang dijual secara online.

Penjelasan Bima terkait peluang e-commerce, sesuai dengan survei Populix tentang Tren Belanja Online Saat Ramadan dan Jelang Lebaran (Ramadan, April 2021) menyebut, 93 persen responden belanja saat Ramadan dan untuk kebutuhan lebaran secara online. Adapun aplikasi e-commerce yang paling sering digunakan untuk belanja online adalah Shopee 90 persen, Tokopedia 41 persen, dan Lazada 30 persen.

SUMBER: BISNIS | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).