Light Dark

Kabar Terbaru Kereta Api Bogor-Sukabumi, Masih Tahap Uji Coba Double Track

Jawa Barat | 28 Mar 2022, 19:18 WIB
Ilustrasi stasiun Cicurug. Saat ini pembangunan jalur ganda Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi tahap 1 untuk wilayah Cigombong hingga Cicurug sepanjang 7,5 Kmsp dan Paledang hingga Cigombong sepanjang 19,1 Kmsp sudah selesai dikerjakan. | Dok, Bappeda Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Pihak PT KAI Daop 1 Jakarta selaku operator memastikan belum secara resmi mengeluarkan informasi bahwa hari ini, Senin (28/03/2022), Kereta Api (KA) Pangrango Bogor-Sukabumi akan mulai beroperasi.

Menurut Kepala humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, saat ini KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi PP masih dilakukan uji coba tanpa membawa penumpang.


Advertisement

"Dari KAI Daop 1 sebagai operator secara resmi belum mengeluarkan informasi bahwa hari ini beroperasi, sehingga Bukan Batal, tapi memang saat ini masih dalam tahap ujicoba," kata Eva dalam rilisnya yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Proses uji coba dilakukan, kata Eva, untuk memastikan operasional KA tersebut dapat berjalan dengan baik, dengan keandalan sarana dan prasarana.


Advertisement

"Secara resmi nantinya soal kapan beroperasi tentunya akan disosialisasikan melalui saluran resmi PT KAI melalui Website kai.id maupun sosial media resmi," tandasnya.

Terpisah, Humas Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Anne memastikan, bahwa pihaknya saat ini masih mengikuti berbagai rangkaian pengujian, guna kesiapan pengoperasian KA Pangrango Bogor-Sukabumi.

Dia juga membenarkan bahwa rencananya besok akan ada uji coba rangkaian dengan menggunakan 8 kereta penumpang. 

"Betul, rencananya besok akan uji coba KA dengan rangkaian," kata Anne.

photoBanner imbauan Hati-hati !!! jangan terobos pintu perlintasan kereta api biasakan tengok kanan kiri karena yang mati suri telah hidup kembali terpasang di beberapa titik di Stasiun Cicurug Sukabumi jelang kembali beroperasinya double track Kereta Api Bogor Sukabumi. - (CRP)

Diberitakan sebelumnya, pembangunan jalur ganda (double track) Kereta Api Bogor-Sukabumi tahap 1 dipastikan sudah rampung 100 persen. Adapun tersiar kabar rencana pengoperasian pada hari ini didapat dari Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Erni Basri, pada Senin 7 Maret 2022 lalu.

"Tanggal 28 Maret mulai pengoperasiannya untuk satu spoor dulu,” kata Erni saat itu kepada tempo.co di Stasiun Paledang, Kota Bogor.

Erni menyebut, pihaknya sudah menyelesaikan total pengerjaan pembangunan PSN Double Track, sejauh 26,6 Kilometer Spoor (Kmsp) pada proyek dengan total 57,450 Kmsp itu.

Rinciannya, menurut Erni, saat ini pembangunan jalur ganda Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi tahap 1 untuk wilayah Cigombong hingga Cicurug sepanjang 7,5 Kmsp dan Paledang hingga Cigombong sepanjang 19,1 Kmsp sudah selesai dikerjakan.

“Secara teknis pengerjaan sebetulnya sudah 100 persen, namun karena ada prosedur dan pemantapan keselamatan kita masih lakukan pengecekan maksimal," kata Erni.

Untuk diketahui, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menyampaikan sebelumnya bahwa proyek pengerjaan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi sepanjang 57,450 Kmsp dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap pertama, pengerjaan dilakukan dari Paledang sampai Cicurug dengan panjang 26,6 Kmsp. Segmen kedua akan dilanjutkan mulai Cicurug sampai Sukabumi sepanjang 30,2 Kmsp.

Setelah uji coba dan pengoperasian satu kereta, BTP wilayah Jawa Bagian Barat akan memastikan pada 28 April 2022 jalur ganda Paledang-Cicurug bisa beroperasi. Juga, terusan Cicurug-Sukabumi kembali bisa beroperasi perkeretaapiannya, yakni kembali beroperasinya Kereta Api Pangrango.

Selanjutnya, pada 2023 akan dikembangkan Stasiun Paledang serta merevitalisasi stasiun-stasiun lintasan Bogor-Sukabumi. "Dan sisa pembangunan jalur ganda 30,2 Kmsp dari Cicurug-Sukabumi, kita juga lanjutkan,” kata Erni.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian