Lumasi 5 Komponen Sepeda Motor Ini Secara Rutin Agar Nyaman Digunakan

Jumat 25 Maret 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Agar tetap nyaman saat digunakan, beberapa komponen sepeda motor ini harus diberi pelumas secara rutin. Hal tersebut terbilang sederhana namun dapat memiliki dampak besar pada performa motor kamu.

Dilansir dari Tempo.co, menurut Marketing Manager Rexco Indonesia Tomy Tambrani, pemberian pelumas pada komponen ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. “Selain efektif waktu, juga lebih hemat tanpa harus membayar biaya perawatan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Jumat, 25 Maret 2022.

Berikut adalah komponen sepeda motor yang harus diberikan pelumas secara berkala.

Baca Juga :

1. Lubang Kunci Kontak Motor

photo(Ilustrasi) Kunci kontak motor - (via freebie.photography)</span

Perawatan pada bagian kunci kontak ini sering luput dari perhatian pemilik sepeda motor, padahal bagian ini mudah rusak bila tidak dirawat dengan baik. Anak kunci akan mudah seret dan macet apabila lubang kunci kontak tidak pernah diberi pelumas secara berkala.

Namun jangan pernah melumasi lubang kunci kontak menggunakan oli bekas. Hal tersebut hanya akan membuat partikel di dalam kunci kontak menjadi kotor. Kemudian jangan pernah memaksakan kunci kontak apabila mengalami macet tidak bisa diputar. Hal ini akan membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Selain lubang kunci kontak, pelumas juga harus diberikan pada tutup tangki yang menggunakan model anak kunci kontak sebagai pembukanya. Saat lubang kunci tutup tangki berkarat, maka anak kunci berpotensi patah jika dipaksakan dalam kondisi seret.

2. Standar Motor (Samping dan Tengah)

photo(Ilustrasi) Standar samping motor perlu dilumasi secara berkala - (Unplash.com Hugo_ob)</span

Mungkin kamu pernah mengalami standar tengah tidak bisa kembali ke posisi semula saat motor sudah diturunkan. Standar samping atau standar tengah yang macet biasanya disebabkan bagian ini berkarat akibat terkena debu dan air hujan.

Kondisi macet pada standar motor ini bisa dihindari dengan cara memberikan pelumas. Cukup semprotkan pelumas pada bagian engsel standar agar tidak macet dan berfungsi dengan normal.

3. Rantai Motor

photoIlustrasi rantai motor. - (YouTube Rocky Mountain ATV MC)</span

Jelas bagian vital ini perlu diberikan pelumas secara berkala. Masalah yang timbul pada bagian rantai antara lain berkarat dan bisa menyebabkan rantai kendur. Hal ini biasanya disebabkan rantai sering terkena kotoran dan air hujan.

Rantai sepeda motor yang kering akan membuatnya menjadi lebih cepat aus dan bisa menimbulkan bunyi berisik saat motor sedang berjalan. Cara perawatannya cukup mudah, cukup berikan pelumas khusus rantai di seluruh bagian rantai. Jangan pernah menggunakan oli bekas atau gemuk untuk melumasi rantai karena hal ini malah akan membuat rantai mudah kotor.

4. Tombol Saklar Motor

photo(Ilustrasi) saklar motor - (via louis.eu)</span

Saat tombol lampu sein terasa keras dan klakson tidak berbunyi saat ditekan, bisa jadi ini disebabkan tombol saklar berkarat dan banyak kotoran. Masalah ini bisa terjadi karena tombol saklar terpapar hujan dan panas.

Agar tombol-tombol saklar bisa berfungsi normal, lakukanlah penyemprotan pelumas secara berkala. Semprotkan pada celah-celah tombol dan tombol dipencet-pencet secara bergantian agar proses pelumasan bisa maksimal.

5. Pedal Rem, Footstep Serta Kick Starter

photo(Ilustrasi) Kick Stater motor matic - (Dede Imran)</span

Saat musim hujan, bagian motor yang terbuat dari besi akan lebih mudah berkarat, terutama pada bagian yang sering digerakkan seperti footstep, kick starter, dan pedal rem. Komponen ini seringkali luput dari perawatan padahal dampaknya bisa buruk saat komponen jarang mendapatkan perawatan.

Misalnya footstep yang bisa melengkung dan tidak lurus lagi apabila beban tekanan orang yang dibonceng cukup berat. Sementara pada kick starter akan menjadi keras saat digunakan dan pedal rem juga akan menjadi keras saat diinjak.

Oleh sebab itu, perlu diberikan pelumas pada tiga bagian motor ini. Semprotkan pada bagian footstep yang sering bergesekan, kemudian semprotkan pada sendi kick starter dan semprotkan juga pada bagian pedal rem untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

SUMBER: TEMPO.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer