Light Dark

Warga Cireunghas Dengar Gemuruh, Gempa Dangkal M 3,2 di Tenggara Kota Sukabumi

Sukabumi | 22 Mar 2022, 10:13 WIB
Titik gempa bumi M 3,2 berada tak jauh dari kawasan Cireunghas Kabupaten Sukabumi | google maps

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kecamatan Cireunghas dan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi merasakan guncangan saat gempa bumi berkekuatan 3,2 magnitudo terjadi pada Selasa (22/3/2022) sekira pukul 08.52 WIB. Warga bahkan mendengar suara gemuruh sebelum terjadi guncangan.

Nur Aisyah (30 tahun), warga Kampung Cijambe, Desa dan Kecamatan Cireunghas, mengaku panik saat gempa terjadi. "Terdengar suara gemuruh, kemudian ada guncangan meski tidak besar. saya sempat keluar lumayan kaget," ujarnya. 


Advertisement

Warga lainnya, Dian (32 tahun) di Kecamatan Kebonpedes menyebut getaran juga merasakannya. "Kalau di daerah saya juga terasa getarannya" singkatnya.

Menurut laporan BMKG yang diterima sukabumiupdate.com, pusat gempa berada pada koordinat 6.95 Lintang Selatan dan 107.06 Bujur Timur, tepatnya di darat berjarak 8 kilometer Tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 8 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam rilis BMKG. 

Gempa bumi ini berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dari laporan masyarakat, dirasakan  di wilayah Kebonpedes, Cireunghas dengan Skala Intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.  "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," sambung Hartanto.


Advertisement

Baca Juga :

Hingga pukul 09:23 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Redaksi sukabumiupdate.com, mencatat kesaksian warga Cireunghas saat gempa juga pernah  terjadi pada 4 Agustus 2021 sekira pukul 05:41:23 WIB. Saat itu terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 2.4 magnitudo dirasakan sejumlah warga di Kecamatan Cireunghas dan sekitarnya.

Saat itu BMKG Wilayah II dalam akun Facebook BMKG Bandung, pusat gempa berada pada koordinat 6.92 Lintang Selatan dan 107.02 Bujur Timur, tepatnya di darat berjarak 9 kilometer Tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 4 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," tulis laporan tersebut.

Image

Riza

Image

Fit NW

Redaktur