Light Dark

Uji Coba Double Track Kereta Api Bogor-Sukabumi Hari Ini Batal

Sukabumi | 20 Mar 2022, 13:45 WIB
Banner imbauan yang terpasang di beberapa titik di Stasiun Cicurug jelang beroperasinya double track Kereta Api Bogor Sukabumi. | CRP

SUKABUMIUPDATE.com - Uji coba Double Track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi tahap 1 segmen Paledang-Cicurug yang sebelumnya direncanakan pada hari ini, Minggu (20/3/2022) batal dilaksanakan. Pembatalan tersebut dikonfirmasi langsung oleh Humas Balai Teknik Perkeretaapian Jawa bagian Barat, Anne.

"Untuk uji coba tidak jadi hari ini," ujar Anne via pesan WhatsApp kepada sukabumiupdate.com pagi tadi.


Advertisement

Belum diketahui penyebab atau alasan pembatalan Uji coba kereta perdana di Double Track Bogor-Sukabumi ini. Anne juga belum memastikan adanya penjadwalan uji coba. Ia hanya menyebut akan ada informasi lebih lanjut dalam waktu dekat.

"Nanti saya info ya," tandasnya singkat.

Baca Juga :


Advertisement

Sebelumnya diberitakan, pengerjaan proyek Double Track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi segmen 1 sudah 99 persen rampung.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Erni Basri mengatakan uji coba jalur ganda ini rencananya akan dilakukan pada 20 Maret 2022.

“Baru nanti tanggal 28 Maret mulai pengoperasiannya untuk satu spoor dulu. Saat ini pengerjaan kita sudah 99,1 persen, tinggal beberapa pengerjaan saja yang on progress. Kita kejar selesai sebelum tanggal 20 ini,” kata Erni kepada Tempo di Stasiun Paledang, Kota Bogor. Senin, 7 Maret 2022.

Erni menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menyelesaikan total pengerjaan pembangunan PSN Double Track, sejauh 26,6 Kilometer Spoor (Kmsp) pada proyek dengan total 57,450 Kmsp itu.

Rinciannya, menurut Erni, saat ini pembangunan jalur ganda Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi segmen 1 untuk wilayah Cigombong hingga Cicurug sepanjang 7,5 Kmsp dan Paledang hingga Cigombong sepanjang 19,1 Kmsp sudah selesai dikerjakan.

“Secara teknis pengerjaan sebetulnya sudah 100 persen, namun karena ada prosedur dan pemantapan keselamatan kita masih lakukan pengecekan maksimal," kata Erni.

Spanduk "Yang Mati Suri Telah Hidup Kembali" Muncul di Stasiun Cicurug Sukabumi

Sementara itu berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com di Stasiun Cicurug Kabupaten Sukabumi, masih berlalu lalang para pekerja yang melaksanakan pengerjaan konstruksi di bagian lantai dalam stasiun.

Bahkan di beberapa palang pintu perlintasan kereta di Stasiun Cicurug telah disebar spanduk yang bertuliskan "Hati-hati !!! jangan terobos pintu perlintasan Kereta Api biasakan tengok kanan kiri karena yang mati suri telah hidup kembali".

Menurut warga sekitar, banner tersebut dipasang petugas kurang lebih seminggu ke belakang.

"Ini (spanduk) dipasang petugas kurang lebih seminggu ke belakang," tutur Eeng (40 tahun) warga Cicurug.

Reporter sukabumiupdate.com yang berada di lokasi mencoba meminta keterangan dari kepala stasiun Cicurug terkait pelaksanaan uji coba dan jadwal operasi segmen 1 Double Track KA Bogor Sukabumi. Namun hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan belum bisa ditemui.

REPORTER: CRP 4

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian