Light Dark

Polda Jabar Gagalkan Upaya Penyelundupan 1 Ton Sabu di Perairan Pangandaran

Jawa Barat | 17 Mar 2022, 00:46 WIB
Polda Jawa Barat menunjukkan karung-karung plastik berisikan sabu dengan bobot total sekitar 1 ton di Pantai Mandasari Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Sabu sekitar satu ton pada pukul 14.00 WIB di perairan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Dalam operasi tersebut, Polisi berhasil mengamankan lima pelaku penyeludupan yakni DH, HH, AH, dan seorang perempuan berinisial NS serta satu warga negara asing berinisial M. Semuanya telah ditahan polisi.


Advertisement

Berdasarkan keterangan sementara dari Direktur Ditresnarkoba Polda Jabar Kombes Pol Johannes R Manalalu, barang haram tersebut merupakan kiriman dari Iran. Narkoba itu kemudian dikirim melalui jalur laut ke wilayah perairan Pangandaran Jawa Barat.

"Ada 66 karung yang berisi kotak tupperware dan bungkusan lakban bening yang diduga berisikan Sabu dengan perhitungan kasar lebih kurang bruto 1.000 kilogram," kata dia dalam rilisnya.

Baca Juga :


Advertisement

Menurut Johannes, Sabu seberat satu ton itu ditemukan disembunyikan dalam perahu. Sabu itu, kata dia, dibungkus dalam karung setelah diangkut dari kapal ikan tradisional yang berada di perairan internasional.

Johannes menuturkan, pihaknya bisa mengungkap kasus ini setelah mendapat informasi akan adanya transaksi yang dilakukan dilaut dengan metode Ship to ship diseputaran perairan Selatan Jawa Barat.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian