Light Dark

Apa itu Ritual Kendi Nusantara? Dipimpin Langsung Presiden Jokowi di Titik Nol IKN

Gaya Hidup | 14 Mar 2022, 10:26 WIB
Ilustrasi. Ritual Kendi Nusantara ini akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sekitar pukul 09.45 WITA hari ini, Senin (14/3/2022). | pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumput air dan tanah dari 34 provinsi di Indonesia, hari ini akan disatukan dan disiramkan di titik nol Ibu Kota Nusantara. ritual Kendi nusantara ini akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sekitar pukul 09.45 WITA hari ini, Senin (14/3/2022).

Melansir berita tempo.co, ritual Kendi nusantara adalah menyatukan air dan tanah dari 34 provinsi Indonesia - di titik nol IKN Nusantara. Air dan tanah yang akan disatukan tersebut sebelumnya telah dibawa oleh para gubernur masing-masing provinsi.


Advertisement

"Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah di mana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan budaya masing-masing," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dalam keterangannya.

Sebelumnya sejumlah gubernur telah membawa tanah dan air dari berbagai daerah penting di tanah air. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa misalnya, membawa tanah dari situs Keraton Kerajaan Majapahit untuk ritual Kendi nusantara itu.

Heru menjelaskan, Jokowi akan memasukkan air dan tanah tersebut ke dalam satu wadah gentong sebelum kemudian disiramkan ke lahan IKN. Menurut Heru, akan ada juga prosesi doa bersama dengan para tokoh adat agar proyek pembangunan IKN nusantara bisa berjalan lancar.

"Intinya adalah kita berdoa dan tentunya memohon kepada Allah SWT, supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung," kata Heru.


Advertisement

Tak hanya menyiramkan air dan menyebar tanah, Heru mengatakan Jokowi dan para gubernur juga dijadwalkan menanam pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Nantinya setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Pada malam harinya, Jokowi dijadwalkan untuk berkemah di lokasi IKN. Dalam acara ini Jokowi bakal ditemani Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Beberapa pejabat yang ikut dalam acara itu, antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain rombongan dari Jakarta, Jokowi juga akan ditemani oleh lima Gubernur se-Kalimantan dalam acara kemah di IKN itu.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Reporter