Light Dark

Curug Cikaso di Sukabumi, 1 dari 5 Destinasi Alam Terbaik Versi Smiling West Java

Travel | 11 Mar 2022, 14:45 WIB
Curug Cikaso salah satu destinasi alam terbaik di Sukabumi versi Smiling West Java | YouTube Smiling West Java

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Cikaso yang berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, kabupaten Sukabumi masuk kedalam daftar salah satu destinasi alam terbaik versi Smiling West Java.

Smiling West Java sendiri merupakan salah satu tagline atau logo branding yang diciptakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat pada tahun 2019 lalu.


Advertisement

Saat ini tagline tersebut sudah memiliki akun sosial media sendiri diantaranya YouTube, Instagram dan TikTok.

Pembuatan dari tagline ‘Smiling West Java’ ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai jenis pariwisata, kebudayaan dan ekonomi kreatif yang ada di Jawa Barat agar lebih tereksplor.

Dalam akun sosial media ‘Smiling West Java’ mereka selalu memberikan rekomendasi bahkan penilaian untuk pariwisata yang ada di Jawa Barat. 

Dan Curug Cikaso masuk kedalam daftar 1 dari 5 destinasi alam terbaik versi Smiling West Java.


Advertisement

Baca Juga :

Curug Cikaso

photoCurug Cikaso - (YouTube Smiling West Java)

Curug ini sebenarnya memiliki nama Curug Luhur, namun masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya curug Cikaso, dikarenakan aliran air dari curug ini berasal dari anak sungai Cikaso.

Curug Cikaso masuk kedalam bagian wisata Geopark Ciletuh.

Curug ini terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing 100 meter, yang mana dibawah curug tersebut terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan yang mana saat melihatnya mungkin kamu akan merasa jika kamu sedang berada di negeri dongeng.

Untuk sampai ke objek wisata ini sangatlah mudah. Pertama kamu dapat masuk melalui akses ke Jalan Nasional  Surade - Tegalbuleud dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Kendaraan roda dua atau roda empat bisa masuk langsung ke area parkir.

Lalu untuk melanjutkan masuk ke Curug Cikaso, kamu harus naik perahu dan menyusuri Sungai Cikaso dengan waktu sekitar 5 - 10 menit saja. Atau bisa juga melalui pematang sawah milik penduduk sekitar. 

photoLokasi Curug Cikaso Kabupaten Sukabumi - (Istimewa)

Selama diperjalanan kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang lengkap dengan hutan, persawahan serta tebing-tebing yang membuat kamu lupa akan hiruk pikuk di kota.

Perjalanan untuk dapat melihat Curug Cikaso memang tidak mudah, namun semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang bisa kamu lihat saat sampai di curug tersebut.

Nah untuk yang bingung ingin kemana akhir pekan ini, Curug Cikaso bisa menjadi solusi lho.

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah