Light Dark

Pecinta Scooter Harus Tahu! Inilah Sejarah Vespa yang Hadir Pasca Perang Dunia 2

Motor | 10 Mar 2022, 10:00 WIB
(Ilustrasi) Vespa | Pixabay birgl

SUKABUMIUPDATE.com - Vespa menjadi scooter paling fenomenal hingga sekarang, meskipun telah hadir motor Vespa modern. Namun Vespa lawas tetap memiliki tempat di hati para pecinta motor mesin samping ini.

Dikutip dari Suara.com, kelahiran Vespa dimulai setelah Perang Dunia 2 di Italia. Perekonomian dibiarkan lumpuh dan jalan-jalan berada dalam kondisi bencana yang menyulitkan.  Mobil dan pabrikan lain pun turut muncul kembali. Untuk selengkapnya, berikut ini sejarah Vespa.


Advertisement

Diketahui, keluarga Piaggio yang terlibat dalam industri kedirgantaraan, menemukan kembali cara berbisnis mereka dengan memenuhi kebutuhan Italia akan moda transportasi yang modern dan terjangkau bagi masyarakat. Dari sinilah sejarah Vespa dimulai.

Enrico Piaggio generasi ke-2 memiliki ide untuk kendaraan roda 2 yang murah untuk diproduksi, dapat diandalkan, dan sempurna untuk orang Italia yang kesulitan namun  membutuhkan kendaraan.

Baca Juga :


Advertisement

Kendaraan pertama dibuat dari suku cadang pesawat, lebih tepatnya bagian dari roda pendarat pesawat Mussolini. Ini dirancang oleh Corradino D'Ascanio. Karena desainnya yang unik, terutama stang depan, dan suaranya yang seperti suara tawon, kendaraan ini pun diberi nama Vespa (kata Italia untuk tawon). 

Vespa terinspirasi dari sepeda motor Cushman Airborne kecil berwarna zaitun. Motor tersebut dijatuhkan dengan parasut selama Perang Dunia II ke jantung industri Italia di Milan dan Turin untuk digunakan oleh pasukan dalam perang melawan Jerman.

Tampilan pertama Vespa yang dilihat publik adalah pada sampul majalah Italia populer La Moto pada tanggal 15 April 1946. Setelah itu, diluncurkan pada pameran desain Milan 1946, setahun lebih cepat dari pesaingnya, Lambretta. 

photo(Ilustrasi) Vespa matic - (Pixabay.com Mammiya)

Reaksi terhadap mesin tersebut menyebabkan banyak desain tiruan yang datang dari luar negeri, yakni Jepang memproduksi kelinci Fuji, Jerman memproduksi beberapa skuter saingan dan Inggris pun tak mau ketinggalan. Meski demikian, tidak ada perusahaan saingan yang berhasil menandingi keindahan dan pesona Vespa Italia.

Penjualan Vespa terus tumbuh pesat. Pada Juni 1956, Vespa ke-sejuta meluncur. Empat tahun kemudian, jumlahnya meningkat menjadi dua juta, membuka jalan bagi skuter untuk mencatat sejarah sebagai fenomena unik dalam sejarah perjalanan kendaraan motor dunia.

Dengan popularitas dan desain yang inovatif, tidak butuh waktu lama bagi skuter kecil seksi ini mulai muncul di majalah bergaya yang difoto bersama model mengenakan couture hari. 

Demikian informasi mengenai sejarah Vespa. Vespa tetap menjadi raja kendaraan roda dua yang bertahan lama di industri fesyen, dan belum ada niat untuk melepaskan mahkotanya.

Sumber: Suara.com/Ulil Azmi

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran