5 Bahan Alami untuk Kulit Wajah, Cara Perawatan Hemat Biaya!

Senin 07 Maret 2022, 18:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih merupakan hal yang diinginkan setiap orang, terutama para wanita.

Demi kulit yang mulus, tak sedikit orang memilih klinik kecantikan yang menawarkan berbagai metode perawatan. Namun untuk yang satu ini, tentunya kamu harus menyediakan budget dong, sama halnya ketika kamu memilih produk kecantikan.

Kendati tak semahal klinik kecantikan, tapi kamu harus cermat saat memilih produk kecantikan. Sebab tak sedikit produk yang mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna buatan dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih kamu menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah. Disamping hemat biaya atau low budget, bahan alami tidak akan memberikan efek samping bagi para penggunanya.

Ada berbagai macam bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah, seperti yang berikut ini:

Baca Juga :

1. Lemon

photoLemon - (Unplash.com)</span

Lemon sudah cukup terkenal bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Buah tersebut mempunyai kandungan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh, salah satunya kulit wajah.

Vitamin C yang terkandung didalam buah tersebut mampu merangsang produk kolagen dalam tubuh, sehingga kulit akan tampak lebih kenyal dan terlihat awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat yang diberikan oleh buah masam tersebut, kamu bisa menggunakan lemon sebagai masker wajah.

Caranya adalah kamu dapat mencampurkan perasan air lemon dengan minyak almond, oatmeal, dan putih telur secukupnya.

Setelah selesai dibuat, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas terlebih dahulu agar mendapatkan sensasi dingin saat digunakan.

Cukup disimpan selama 15 menit, atau sampai masker terasa dingin. Lalu, oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Tak hanya dijadikan masker, lemon juga dapat dijadikan sebagai scrub wajah. Caranya yaitu dengan mencampurkan ½ perasan buah lemon, air, dan delapan sendok makan gula.

Lalu aduk dalam satu wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan berbentuk kental seperti pasta. Kemudian, oleskan scrub ke permukaan kulit sambil dipijat secara perlahan, lalu bilas wajah jika sudah selesai.

2. Lidah Buaya

photoIlustrasi Lidah Buaya. - (iStock)</span

Aloe vera sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pelembab alami dan penyubur rambut. Tanaman herbal ini memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit wajah.

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung antioksidan, anti radang, serta zat yang dapat mencegah penuaan diri dan dapat memutihkan kulit wajah. 

Untuk mendapatkan khasiat yang diberikan tanaman tersebut, kamu cukup memotong tanaman lidah buaya dan menghaluskan bagian dagingnya. Setelah halus, oleskan pada kulit lalu diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. 

Atau mungkin kamu dapat menggunakannya sebelum tidur, kemudian bilas setelah bangun. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakan gel lidah buaya secara rutin.

3. Tomat

photoTomat - (Freepik)</span

Buah berwarna merah tersebut selain digunakan untuk membuat sambal, ternyata dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Tomat mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

Lalu, bagaimana caranya agar tomat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah? Cara pertama potong tomat menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas.

Itu cara yang sederhana, lalu ada cara lain yaitu campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh yogurt dan madu, lalu gunakan untuk masker wajah. 

Biarkan beberapa menit hingga kering, lalu bilas.

4. Susu

photoSusu - (iStock)</span

Wah siapa sangka nih, selain baik untuk pertumbuhan tulang. Susu ternyata dapat membuat kulit wajah putih berseri.

Susu mengandung alpha hydroxy acid (AHA) yang diyakini dapat membersihkan sel kulit mati. Ada berbagai macam AHA, salah satunya yang terkandung dalam susu sapi yaitu asam laktat. Selain itu, tingkat keasaman (nilai pH) yang terkandung dalam susu cocok untuk kesehatan kulit.

Kamu dapat menggunakan susu sebagai masker wajah. Caranya mudah kok, kamu cukup merendam kapas dalam susu dan kompreskan ke kulit tiap dua kali dalam sehari. 

Lakukan hal tersebut setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Beras putih

photoBeras - (iStock)</span

Beras? Mungkin beberapa orang merasa aneh saat mendengar beras dijadikan bahan untuk kecantikan kulit wajah. Tetapi, kenyataannya memang benar. 

Beras dapat mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, dan memutihkan kulit wajah karena karbohidrat tersebut mengandung asam fitat dan antioksidan.

Selain bikin perut kenyang, beras bisa membuat kulit wajah cantik dan bersih. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya yaitu:

  • Rendam beras selama 12 jam
  • Sudah direndam, lalu tiriskan
  • Dirasa sudah tidak ada lagi airnya, lalu haluskan beras menjadi tepung
  • Setelah halus, campurkan beras yang sudah menjadi tepung dengan air mawar, atau susu, atau bisa juga dengan madu.
  • Aduk secara merata
  • Setelah tercampur, oleskan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah
  • Diamkan selama 20 menit
  • Setelah kering, bilas menggunakan air bersih

Tak hanya itu, air cucian beras juga baik digunakan sebagai toner alami wajah lho. Tapi yang bersih ya! Untuk mendapatkan kulit putih bersih alami, gunakan masker tersebut secara rutin.

Itulah beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membuat kulit cantik, putih berseri. Jangan terlalu terobsesi memiliki kulit wajah yang cantik, hingga menggunakan berbagai produk yang membahayakan.

Jika dirasa perlu, kamu juga dapat memeriksa kesehatan kulit ke dokter kecantikan atau menggunakan produk kecantikan yang aman sesuai kebutuhan kulit kamu. Semoga bermanfaat!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)