Light Dark

Waspada! Inilah 4 Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Mobil | 04 Mar 2022, 16:45 WIB
(Ilustrasi) Kecelakaan lalu lintas | iStockphoto

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas masih sering terjadi dan tak jarang hingga menyebabkan korban jiwa.

Apalagi saat musim hujan, risiko Kecelakaan lalu lintas menjadi bertambah akibat kondisi jalan licin dan jarak pandang yang menurun.


Advertisement

Selain itu, Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor. Melansir dari berbagai sumber berikut faktor-faktor yang bisa menjadi pemicu Kecelakaan lalu lintas.

1. Faktor Kendaraan

photo(Ilustrasi) Perawatan komponen rem mobil - (iStockphoto)

Kendaraan menjadi salah satu faktor yang menjadi pemicu Kecelakaan lalu lintas. Kondisi kendaraan yang kurang primalah yang dapat menjadi pemicu terjadinya insiden di jalan raya seperti rem blong, pecah ban, mobil terbakar dan lain-lain.


Advertisement

Hal tersebut terjadi karena kurangnya perawatan pada kendaraan. Untuk itu perawatan berkala menjadi hal yang wajib dilakukan setiap pemilik kendaraan untuk meminimalkan risiko Kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga :

2. Faktor Pengemudi

photo(Ilustrasi) Jamur di kaca mobil - (Pexels.com Adrien Olichon)

Pengemudi atau pengendara menjadi faktor selanjutnya yang bisa menjadi pemicu Kecelakaan lalu lintas.

Seperti diketahui jika sedang mengemudikan kendaraan dituntut untuk selalu fokus agar kendaraan dapat dikendalikan dengan baik.

Saat kehilangan fokus itulah yang sering menjadi penyebab kecelakaan. kehilangan fokus bisa disebabkan karena rasa kantuk, mengoperasikan ponsel ketika mengemudi hingga berkendara dalam keadaan mabuk.

Selain itu, perilaku pengemudi ketika dijalan seperti berkendara dengan ugal-ugalan, tidak mematuhi rambu lalu lintas dan sebagainya juga menjadi penyebab lain kecelakaan.

3. Faktor Jalan

photo(Ilustrasi) Jalan raya - (via toyota.astra.co.id)

Jalan yang dilewati saat berkendara juga menjadi salah satu faktor terjadinya Kecelakaan lalu lintas.

Jalan dengan kondisi kurang baik seperti licin, berlubang atau bergelombang bisa membahayakan setiap pengendara.

Selain itu kondisi jalan yang memiliki banyak tikungan, turunan dan tanjakan bisa juga menjadi faktor penyebab kecelakaan, terlebih jika faktor ini dikombinasikan dengan faktor kendaraan.

Contohnya saat kondisi kendaraan kurang prima harus melewati medan jalan yang menanjak maka bisa menyebabkan mobil atau motor tidak kuat nanjak.

4. Cuaca

photo(Ilustrasi) Hujan - (Pixabay PublicDomainPictures)

Cuaca menjadi faktor lain yang dapat menyebabkan Kecelakaan lalu lintas. Cuaca buruk seperti hujan yang disertai angin kerap menjadi pemicu kecelakaan. Hujan dapat menyebabkan permukaan jalan menjadi licin dan jarak pandang terbatas.

Selain itu hujan yang disertai angin juga selain dapat menyebabkan jalan licin dan jarak pandang terbatas juga bisa menyebabkan pohon tumbang. Tak jarang kondisi tersebut juga dapat mengancam keselamatan pengendara.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran