Jangan Lupakan 7 Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung

Rabu 02 Maret 2022, 17:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini mendaki gunung sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi anak-anak muda. Sekilas mendaki gunung terlihat mudah dan mengasyikan.

Namun, sebenarnya mendaki gunung merupakan kegiatan berat yang membutuhkan fisik prima dan persiapan matang.

Mendaki gunung akan berbahaya jika dilakukan tanpa persiapan matang, sudah banyak kasus pendaki mengalami masalah seperti terserang penyakit, tersesat, bahkan beberapa hingga mengakibatkan korban jiwa.

Baca Juga :

Lalu apa yang harus dipersiapkan sebelum naik gunung agar tetap aman dan terhindar dari masalah? berikut hal-hal yang harus dilakukan atau disiapkan sebelum mendaki gunung menurut laman National Geographic Indonesia.

1. Tentukan Gunung yang Akan Didaki

photoGunung Gede - (Dok. Dede Imran )</span

Menentukan destinasi menjadi poin paling utama sebelum kamu melakukan beberapa persiapan lain sebelum mendaki sebuah gunung.

Tentukan gunung mana yang akan kamu daki cari tahu tingkat kesulitan medan pendakian, hal ini akan menentukan persiapan dan peralatan yang perlu kamu bawa termasuk estimasi dana dan waktu.

Jika kamu pendaki pemula, sebaiknya memilih level pendakian yang tidak terlalu sulit, hall ini demi keselamatan dan kenyamanan selama pendakian.

2. Mendaki Sendiri atau Berkelompok

photoObyek wisata pendakian Gunung Rinjani. - (tnrinjani.ne)</span

Mendaki seorang diri atau berkelompok akan berbeda dalam melakukan persiapan. Selain untuk menentukan peralatan dan makanan yang dibawa, mendaki sendirian pun perlu persiapan mental dan fisik yang lebih besar mengingat saat digunung kita akan sendirian..

Sebagian orang menganggap mendaki sendirian merupakan cara untuk mendapatkan ketenangan batin. Tapi perlu diingat mendaki seorang diri memiliki risiko bahaya lebih tinggi ketimbang mendaki secara berkelompok, terutama ketika terjadi hal di luar dugaan atau tersesat.

3. Cari Tahu Informasi Cuaca dan Trek Pendakian

photoGunung Puncak Mega - (via pendakigunung.top)</span

Sebelum memulai pendakian, sebaiknya kamu mencari informasi terkait gunung yang ingin kamu daki seperti kondisi cuaca, jalur pendakian, sumber air dan sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan informasi baik melalui internet atau relasi.

Tanyakan kondisi cuaca hari itu dan beberapa hari kebelakang kepada petugas basecamp di lokasi.

Apabila kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk mendaki semisal berpotensi terjadi badai, longsor atau hal lainya. Sebaiknya urungkan niat kamu mendaki hari itu dan lebih baik kamu datang di lain waktu.

4. Kabari Orang Rumah

photoIlustrasi mengabari orang terdekat. - (istimewa)</span

Memberi tahu orang rumah tentang rencana pendakian kamu merupakan hal yang juga harus dilakukan.

Jangan sampai orang rumah atau orang terdekatmu tidak mengetahui rencana pendakianmu.

Kamu bisa memberi tahu kapan kamu mendaki, ke gunung mana, berapa lama, kapan kamu pulang dan siapa saja teman pendakianmu.

Hal tersebut agar orang rumah tidak mengkhawatirkanmu. Tinggalkan juga nomor telepon orang terdekat kepada petugas basecamp untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang darurat petugas bisa menghubungi keluarga kamu.

5. Persiapkan Fisik dan Mental

photo(Ilustrasi) Seseorang melakukan olahraga lari - (Pexels/Pixabay)</span

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang berat sehingga memerlukan kondisi badan yang fit.

Selama pendakian tubuh akan mengalami proses pembakaran energi yang sangat besar, apalagi jika jalur pendakian lumayan sulit.

Untuk itu kondisi badan prima merupakan sebuah keharusan. Mengingat mendaki gunung memiliki berbagai risiko kesehatan yang wajib diwaspadai, seperti hipotermia, mountain sickness, hingga edema paru.

Semua risiko itu bisa saja dialami semua pendaki baik pemula maupun pendaki senior. Karena di ketinggian 2000 mdpl atau lebih, tubuh harus cepat beraklimatisasi dengan suhu ekstrim dan jumlah oksigen yang menipis.

Lakukan persiapan fisik semacam jogging sebelum hari pendakian. Selain itu Push up, sit up, dan squat juga bisa membantu tubuh dalam memperkuat otot ketika harus membawa beban carrier yang berat.

6. Bawa Air dan Makanan Bergizi

photoIlustrasi Makanan Kaleng - (Unsplash)</span

Bawalah makanan yang memiliki protein dan karbohidrat tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama pendakian.

Boleh membawa mie instant, tapi jangan lupakan juga makanan seperti sayur, telur, buah atau makanan bergizi lainnya perlu kamu bawa secukupnya untuk asupan gizi dan energi setelah mengeluarkan tenaga yang besar selama trekking.

Kemudian bawa persediaan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air selama pendakian, cari tahu juga sumber air yang ada di sekitar jalur pendakian untuk mengantisipasi seandainya kamu kehabisan bekal air.

7. Bawa Barang Seperlunya

photoSalah seorang pendaki berada di puncak Gunung Ciremai. - ( Instagram/@explore_ciremai)</span

Perlengkapan mendaki menjadi hal yang harus kamu persiapkan tak peduli kemanapun kamu mendaki, mengingat kamu akan beraktivitas di luar ruangan.

Kamu bisa membawa dua stel pakaian untuk tidur dan trekking, pakaian dalam, jaket gunung, kemeja outdoor, jas hujan, kaus kaki ekstra, topi dan sarung tangan serta

shelter (tenda, flysheet, matras).

Gunakan alas kaki yang tepat untuk mendaki seperti sendal gunung atau sepatu gunung. Bawa juga peta dan kompas atau GPS.

Peralatan masak seperti kompor lapangan, nesting, gas kecil dan peralatan makan seperti piring, sendok, mangkok, gelas dan sebagainya.

Selain itu bawa juga kotak P3K, pisau serbaguna, senter plus baterai cadangan, korek api, identitas diri, uang tunai secukupnya, ponsel atau handy talkie, tali webbing dan trash bag.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)