Berenang Hilangkan Trauma pada Anak-anak Korban Banjir di Baros Sukabumi

Sabtu 26 Februari 2022, 14:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana banjir yang melanda melululantahkan rumah dan harta benda warga Kampung Tugu Jayaraksa di Kecamatan Baros Kota Sukabumi Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Tak hanya materi, para penyintas atau korban juga mengalami trauma khususnya anak-anak, saat amukan banjir bandang sungai Cisuda itu menerjang pemukiman mereka.

Dari banyak pendekatan yang dilakukan pemerintah daerah, lembaga dan relawan untuk coba hilangkan rasa takut traumatis ini, apa yang dilakukan kelompok yang satu ini cukup unik. Dinas Sosial Kota Sukabumi melalui tim healing kolaborasi petugas PKH (program keluarga harapan) dan pekerja sosial, melakukan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk anak-anak itu.

"LDP ini fokus pada kondisi psikologis (penguatan resiliensi) dan kondisi sosial (membangun interaksi sosial dan lingkungan sekitar) anak-anak pasca bencana,"  jelas Yanuar Kristi. koordinator PKH kota Sukabumi, Jumat, 25 Februari 2022.

Bentuk kegiatan yang dilakukan mulai dari bernyanyi, dinamika kelompok, menggambar, mewarnai, menulis dan bercerita. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kedekatan dengan anak-anak, sehingga para pekerja sosial yang tergabung dalam Team Healing dapat membantu anak-anak merilis emosi mereka melalui kegiatan-kegiatan positif tersebut. 

"Selain itu, saat kegiatan para pekerja sosial juga melakukan pengamatan/observasi terhadap anak-anak yang diindikasi mengalami trauma berat, setelah itu akan diadakan sesi khusus konseling individu," lanjutnya . 

Kegiatan dilaksanakan 2 hari, hari pertama proses asesmen melalui serangkaian kegiatan guna menganalisa kondisi traumatis masing-masing anak pasca bencana. Hari kedua kegiatan intervensi hasil assesment di hari pertama sebagai tindak lanjut penanganan dampak traumatis anak

Baca Juga :

Korban Banjir di Baros Kota Sukabumi Terserang Diare dan ISPA

Baca Juga :

"Proses pendampingan psikososial kemarin hanya bersifat asesmen awal saja. Kita menggunakan teknik dinamika kelompok dan asesmen menggunakan teknik menggambar dan mewarnai. Untuk asesmen kejiwaan yg mendalam, nanti kita coba konsultasi dengan psikolog menggunakan tools hasil menggambar dan mewarnai dari setiap anak," beber pria yang akbrab disapa bojes ini. 

Jika ditemukan indikasi masalah, kemungkinan akan dilakukan asesmen lanjutan. Jadi untuk saat ini tim healing ini belum bisa memberikan hasil asesmen secara keseluruhan, karena nanti akan berbeda hasil asesmen setiap anak.

"Pemenuhan kebutuhan dasar sudah dibantu oleh banyak pihak, seperti kebutuhan makanan sehari-hari (berupa makanan pokok, makanan ringan, susu formula, dan lainnya) dan kebutuhan pakaian (dewasa, anak, bahkan bayi). Selain itu kita juga melihat anak-anak membutuhkan hiburan dan suasana yang menggembirakan," ungkapnya.

Oleh karena lanjut Bojes, di hari kedua tim menggunakan teknik recreational group. Kegiatan rekreasi dilakukan di Kolam Renang Pilar Mas yang digratiskan oleh pemliknya atas bantuan DEWIKAMI (destinasi wisata kota sukabumi), untuk permainan mandi bola, berkeliling melihat binatang di mini zoo, permainan dalam dinamika kelompok yang dipandu oleh pekerja sosial, bermain trampolin dan berenang. 

"Jika mengamati di hari kedua, tidak ada indikasi anak takut melihat air (stimulan jika ada trauma karena bencana yg dihadapi adalah banjir). Anak-anak bermain dengan gembira," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)