Keren! Manchester City Bangun Stadion Virtual di Metaverse, Seperti Apa?

Kamis 24 Februari 2022, 15:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester City disebut sebagai klub sepak bola pertama yang memiliki stadion virtual di dunia Metaverse. Hal tersebut dianggap menjadi terobosan di dunia sepakbola.

Mengutip dari Suara.com, Metaverse sendiri merupakan konsep dunia virtual di mana orang-orang bisa hidup seperti biasanya dengan menggunakan perangkat dalam dunia tiga dimensi.

Singkatnya, setiap orang bisa merasakan kehidupan virtual, alih-alih hanya melihatnya dari layar saja.

Konsep ini pertama kali diangkat oleh CEO FaceBook, Mark Zuckerberg, usai mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms atau Meta.

Hadirnya konsep dunia virtual yang bisa dimasuki oleh manusia pun membuat beberapa tokoh maupun pihak turut ikut serta dalam konsep ini.

Baca Juga :

Beberapa tokoh dunia seperti artis-artis kenamaan juga mulai merambah dunia virtual, dengan membeli rumah atau tanah di Metaverse.

Tak hanya tokoh atau Person saja, dunia metaverse juga merambah dunia olahraga, termasuk sepak bola, basket dan bahkan juga MMA.

Dari cabang basket, Brooklyn Nets menjadi tim profesional pertama yang bergabung dengan Metaverse. Bergabungnya Brooklyn Nets ke Metaverse sendiri dianggap sebagai salah satu cara revolusioner untuk menonton NBA.

MMA pun juga mulai hadir di Metaverse. Bahkan beberapa waktu lalu, MMA menghadirkan pertarungan antara Khabib Nurmagomedov dan Holloway mengadakan pertarungan di dunia virtual.

Lantas bagaimana dengan sepak bola? Tak mau ketinggalan, klub sepak bola pun juga mencoba masuk dan membuat gebrakan di dunia Metaverse. Sebagai contoh Manchester City yang membangun stadion di dunia virtual.

photoEtihad Stadium kandang Manchester City - (mancity.com)</span

Manchester City membangun stadion di Metaverse usai menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi, Sony dengan durasi kontrak tiga tahun.

Kerjasama ini mewujudkan gagasan dimana Etihad Stadium, markas Man City, akan dimasukkan ke dalam dunia Metaverse.

Gagasan ini sendiri bertujuan untuk memudahkan para penggemar Man City di berbagai belahan dunia yang ingin merasakan menonton pertandingan langsung dari rumah.

Konsep ini sendiri sejatinya sama dengan menonton dari layar kaca. Hanya saja, Man City merasa nantinya para penggemar bisa merasakan sensasi berbeda dan sudut pandang berbeda saat hadir menonton di Etihad Stadium di Metaverse.

“Inti yang dapat kami bayangkan dari memiliki Metaverse adalah Anda dapat membuat ulang permainan, Anda dapat menonton pertandingan secara langsung.”

“Anda menjadi bagian dari aksi dengan cara yang berbeda melalui sudut yang berbeda dan Anda dapat mengisi stadion sebanyak yang Anda inginkan karena itu tidak terbatas, itu benar-benar virtual,” ujar Kepala Pemasaran City Football Group, Nuria Tarre dilansir dari Cointelegraph.

Gebrakan yang dibuat Man City ini secara tak langsung membuat sepak bola lambat laun akan bergerak ke arah dunia Metaverse.

Bukan tidak mungkin nantinya beberapa klub Premier League atau klub-klub besar lainnya akan mengikuti jejak Manchester City dan membangun stadion di dunia Metaverse.

Sumber: Suara.com/Felix Indra Jaya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin