Light Dark

Bank BJB Berdayakan BUMDes Kembangkan Perekonomian Masyarakat Desa

Produk | 24 Feb 2022, 13:06 WIB
bank bjb Cabang Garut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut melakukan pemberdayaan BUMDes dengan pendekatan pentahelix. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk (bank bjb) berkomitmen untuk mendukung pengembangan perekonomian desa melalui pemberdayaan BUMDes.

bank bjb Cabang Garut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Kabupaten Garut melakukan pemberdayaan BUMDes dengan pendekatan pentahelix.


Advertisement

Kegiatan ini berisi sosialisasi dan pelatihan Agen Laku Pandai bjb BiSA kepada 41 BUMDes yang merupakan pilot project dari total 415 BUMDes.

Acara yang berlangsung pada Selasa 15 Februari hingga Jumat 18 Februari 2022 ini dibuka oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan dihadiri Pemimpin Kantor Cabang bank bjb Garut Mochammad Indra serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Kabupaten Garut Wawan Nurdin, Kepala Samsat Garut Dadan Supyan.

"bank bjb mendukung usaha pemerintah dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan potensi desa yang dapat membuka akses layanan perbankan melalui Agen Laku Pandai," ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto dikutip dari laman resmi bank bjb, Kamis (24/2/2022).


Advertisement

Baca Juga :

Menurutnya, program Satu BUMDes Satu Agen Laku Pandai bank bjb punya potensi yang menjanjikan karena dapat menjadi pintu dalam pengembangan bisnis bank bjb lainnya seperti produk Kredit Mesra, DPLK bank bjb serta penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) bank bjb salah satunya melalui program satu rekening satu pelajar yang telah digagas pemerintah.

Selain itu, kata Widi, pengembangan dan pemberdayaan potensi desa yang dilakukan bank bjb dapat membuka akses layanan perbankan melalui Agen Laku Pandai sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan.

"Satu BUMDes Satu Agen Laku Pandai bank bjb dapat mewujudkan pemahaman pengelolaan keuangan yang bersumber dari pemerintah desa sehingga dapat memberdayakan potensi usaha pemerintah desa melalui BUMDes," kata Widi.

Hingga kini, bank bjb telah menjalin berbagai kerja sama program dengan Badan Usaha Milik desa (BumDes) di berbagai wilayah, terutama Jawa Barat dan Banten.

bank bjb juga menggelar acara apresiasi terhadap BumDes mitra PPOB bank bjb yang tercatat telah memaksimalkan perannya dalam memfasilitasi masyarakat mengakses layanan keuangan melalui Penghargaan BUMDes bjb Bungah.

Apresiasi bank bjb terhadap BUMDes adalah hal yang penting karena BUMDes memiliki peran penting dan strategis dalam menggerakkan perekonomian masyarakat di pedesaan, khususnya pasca pandemi.

"BUMDes berperan besar dalam mendorong kemajuan usaha masyarakat desa hingga menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan serta dapat membantu meningkatkan pendapatan desa. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, hal ini bisa bergerak menjadi sumber kemajuan ekonomi desa," ungkap Widi.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian