265 Ribu KPM di Kabupaten Sukabumi, Bansos Sembako Pengganti BPNT Mulai Cair

Rabu 23 Februari 2022, 16:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bantuan Sembako Tunai 2022 dari Kementerian Sosial RI mulai diluncurkan di Kabupaten Sukabumi. Bansos ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami kepada keluarga penerima manfaat atau KPM di Desa Gede Pangrango Kecamatan Kadudampit pada Rabu (23/2/2022).

Data Dinas Sosial mencatat, ada 109.394 KPM yang menerima bantuan tersebut di tahap pertama kali ini. Setiap KPM menerima Rp200.000/bulan yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Bantuan untuk kebutuhan sembako para penerima manfaat, dimana proses penyaluran uangnya dilakukan pihak PT Pos Indonesia.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan bantuan merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan sembako masyarakat.

"Minimal kebutuhan sembako dapat bisa terpenuhi lewat bantuan ini," ujarnya dikutip dari portal resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Oleh karena itu Bupati Marwan meminta pendistribusian bantuan bisa secepatnya dilakukan. Sehingga, beban penerima manfaat dalam hal pemenuhan kebutuhan sembako bisa berkurang.

"Terima kasih Dinsos dan Pos Indonesia dalam percepatan saluran dari Kemensos RI," ucapnya.

Baca Juga :

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Pos Cabang Sukabumi Yosia Sapto Adi Wibowo mengatakan, para penerima manfaat dari bantuan harus membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli. Selain itu, penerima manfaat harus datang sendiri. 

"Kalaupun tidak bisa hadir, bisa diwakilkan ke suami/istri, dan anak. Asalkan dalam satu KK," bebernya.

Apalagi, akan ada verifikasi data hingga foto rumah penerima manfaat. "Nanti, mekanisme pembayaran pertama di Kantor Pos, komunitas, dan door to door. Kalau pintu ke pintu dilakukan ketika KPM nya lansia atau sakit," pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid menambahkan bahwa penyaluran tahan pertama ini akan dilakukan kepada 109.394 KPM. "Untuk Kabupaten Sukabumi program ini akan menyalurkan bantuan sembako tunai kepada 256.000 KPM," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia mempercepat penyaluran dana bantuan program sembako. "Bahwa program saat ini adalah program bantuan sembako, bukan lagi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), karena saat ini bantuan diberikan secara tunai bukan non-tunai," kata Direktur Bisnis dan Jaringan Keuangan PT Pos Indonesia, Charles Sitorus, Selasa kemarin.

Penyaluran bantuan sembako 2022 dilakukan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu Januari, Februari, dan Maret. KPM menerima bansos dalam bentuk uang tunai sejumlah Rp 200 ribu per bulan. Karena dibayarkan sekaligus untuk tiga bulan, maka uang yang diterima KPM senilai Rp 600 ribu. Pos Indonesia diberikan target menyalurkan dana bantuan di seluruh Indonesia dalam waktu 14 hari.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita