Minyak Goreng di Pajampangan Sukabumi Masih Langka, Jabar Siapkan 30 Juta Liter

Senin 21 Februari 2022, 13:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kelangkaan minyak goreng masih terjadi di sejumlah kecamatan di Pajampangan, Kabupaten Sukabumi. Seperti di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, pada Senin, 21 Februari 2022, ini sejumlah warga rela mengantre di salah satu mini market demi memperoleh komoditas tersebut.

"Masih susah cari minyak goreng, sampai harus antre di salah satu mini market Tamanjaya," kata Eneng Lisnawati (31 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Senin, 21 Februari 2022, warga sekitar yang menjalani usaha warung nasi di Desa Tamanjaya.

Kata Eneng, stok minyak goreng di mini market tempatnya membeli masih tersedia. Tetapi, pembeli dibatasi yakni satu orang hanya boleh membeli 2 liter minyak goreng kemasan seharga Rp 28 ribu (1 liter Rp 14 ribu). Dia pun antre di mini market itu sejak sekira pukul 10.30 WIB dan harus menunggu beberapa lama.

"Saat ini masih ada yang antre, tapi sebagian sudah pulang," ucapnya menjelaskan. "Sangat susah mendapatkan minyak goreng. Bukan hanya persoalan harga, tapi kelangkaannya. Ini sangat berpengaruh bagi pelaku usaha kecil seperti saya," kata Eneng.

Eneng yang menggantungkan usahanya terhadap ketersediaan minyak goreng, mau tidak mau membeli minyak goreng kemasan di pasar tradisional ketika tidak ada di mini market, meski harganya mencapai Rp 20 ribu per liter dan langka ditemukan. "Susah (berjualan), soalnya sehari-hari yang dipakainya minyak," katanya.

photoMinyak goreng. - (Istimewa)

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan mendistribusikan 30 juta liter minyak goreng yang baru mereka terima dari pemerintah pusat ke seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat.

"Jabar sudah didrop 30 juta liter oleh pemerintah pusat, sedang kami atur pembagiannya," kata dia seusai operasi pasar murah minyak goreng di Desa Cintaratu, Parigi, Kabupaten Pangandaran, Ahad, 20 Februari 2022, dikutip dari Antara lewat suara.com.

Pusat distribusi 30 juta liter minyak goreng ini berada di satu daerah yang mewakili beberapa daerah. "Pusat distribusinya per wilayah. Untuk Pangandaran pusat distribusinya ada di Tasikmalaya. Jadi nanti kalau ada apa-apa bisa diselesaikan lewat manajemen di Tasikmalaya," ucap Emil.

Pihaknya pun segera mendistribusikan minyak goreng ke masyarakat melalui sejumlah operasi pasar. Emil mengatakan akan terus menyampaikan aspirasi masyarakat bila masih terdapat kelangkaan minyak goreng. "Kami selesaikan dengan cepat, kewenangan saya sampai operasi pasar saja," ujarnya.

Menurut dia, kelangkaan dan harga mahal minyak goreng tak hanya terjadi di Jawa Barat, namun juga di sebagian besar wilayah Indonesia. Emil berharap, permasalahan minyak goreng bisa tuntas sebelum memasuki bulan Ramadan. "Jadi ini adalah masalah secara nasional. Jangan sampai nanti menjelang Lebaran ada kelangkaan yang membuat masyarakat resah," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin