Light Dark

Ingin Hapus Akun TikTok? Mudah Kok, Begini Caranya

Aplikasi | 21 Feb 2022, 13:15 WIB
(Ilustrasi) cara menghapus akun TikTok. | via Business Insider

SUKABUMIUPDATE.com - TikTok merupakan salah satu media social yang banyak memiliki pengguna. Meski menyediakan berbagai fitur menarik, nyatanya tidak semua orang betah menggunakannya bahkan ingin menghapus akun.


Advertisement
photoTikTok. - (The Verge)

Untuk menghapus Akun TikTok ternyata relatif mudah dilakukan dan hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Melansir suara.com, berikut ini cara menghapus Akun TikTok:

Baca Juga :


Advertisement

Hapus Akun TikTok via aplikasi

Akun TikTok relatif mudah untuk dihapus melalui aplikasi iOS atau Android, berikut caranya:

Buka profil kamu, ketuk tiga garis di sudut kanan atas, yang akan membuka layar "Pengaturan dan privasi". Buka Kelola akun > Hapus akun.

Aplikasi ini menanyakan alasan kamu keluar dari TikTok, dan dapat memilih opsi atau memilih untuk melewati pertanyaan menggunakan tombol di sudut kanan atas.

Setelah itu, kamu akan ditanya apakah ingin mengunduh data sebelum menghapus akun, dan kamu harus mengetuk pengakuan di bagian bawah bahwa ingin terus menghapus Akun kamu.

Kamu akan diperlihatkan layar yang mengatakan bahwa memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali Akun kamu, jika berubah pikiran dan menjelaskan semua hal yang akan kehilangan aksesnya setelah menghapus Akun kamu, termasuk akses ke video yang telah diposting.

Jika kamu klik ‘lanjutkan’ atau ‘next’ maka kamu akan di bawa ke verifikasi akun.

TikTok akan mengirimkan kode yang harus dimasukkan jika memiliki Akun standar atau akan meminta kamu masuk dengan layanan yang digunakan untuk membuat akun, seperti Apple dan Google.

Setelah memverifikasi, ketuk tombol "Hapus akun" dan konfirmasikan keputusan kamu untuk terakhir kalinya untuk menandai Akun untuk dihapus.

Aplikasi akan disegarkan dan kamu akan dibawa kembali ke layar masuk.

Hapus Akun TikTok via Web

Kamu juga dapat menghapus Akun TikTok melalui situs web TikTok.com.

Setelah masuk, arahkan kursor ke gambar profil di sudut kanan atas, lalu klik Pengaturan.

Jika belum berada di bagian "Kelola akun", pilih dari bilah sisi kiri. Kemudian dapat mengklik tombol "Hapus" di bawah Kontrol Akun dan ikuti prosesnya.

Meminta cadangan data

Untuk meminta cadangan data gunakan aplikasi TikTok di smartphone, buka profil > Pengaturan dan privasi > Privasi > Unduh data kamu.

Jika memilih "TXT" sebagai opsi, kamu akan mendapatkan file teks yang dapat dibaca manusia.

Jika memilih "JSON", kamu akan mendapatkan file teks yang diformat seperti Javascript, sehingga memudahkan untuk memasukkannya ke dalam program komputer.

Setelah file dibuat, itu akan berada di layar "Unduh data Anda" di tab Unduh data.

TikTok memperingatkan bahwa mungkin perlu beberapa hari sebelum data kamu tersedia untuk diunduh, jadi disarankan untuk menunggu sebentar sebelum menghapus Akun kamu.

File yang didapatkan dapat menyertakan data seperti informasi profil, riwayat video dan komentar, serta info setelan, tetapi tidak menyertakan video kamu.

Jika ingin menyimpannya, kamu harus mengunduhnya secara manual.

Untuk mengunduh salah satu video TikTok ke smartphone kamu: Buka profil dan pilih video yang diinginkan, Ketuk tombol "..." dan pilih "Simpan video."

Sumber: suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri