Naik 3 Kali Lipat, KPU Usulkan Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T: Ini Perhitungannya

Rabu 16 Februari 2022, 14:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - KPU mengusulkan kepada pemerintah anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp 76,6 triliun. Anggaran ini naik tiga kali lipat dibanding dana Pemilu 2019.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan usulan anggaran tersebut sudah memperhatikan banyak pertimbangan. Pramono menuturkan ada sejumlah faktor yang menjadi dasar perhitungan.

Mengutip tempo.co, faktor pertama, kata Pramono, adalah kenaikan jumlah pemilih. Pada Pemilu 2024, KPU memprediksi ada penambahan jumlah pemilih sebanyak 10 juta hingga 15 juta orang dibanding Pemilu 2019. Penambahan jumlah pemilih ini, menurut Pramono, berimplikasi pada penambahan jumlah tempat pemungutan suara.

Selanjutnya, Pramono menuturkan, KPU memperhitungkan penambahan honor badan ad hoc seperti PPK, PPS, dan KPPS. Pada 2019, honor KPPS untuk ketua adalah sebesar Rp 550 ribu dan anggota Rp 500 ribu. "Kami ingin naikkan menjadi Rp 1 juta," kata Pramono, Rabu, 16 Februari 2022 dikutip dari tempo.co.

Kenaikan honor badan ad hoc, kata Pramono, akan menambah anggaran sebesar Rp 3,5 triliun. Angka ini diperoleh dari perhitungan 9 KPPS kali 810 ribu TPS kali Rp 500 ribu.

Faktor lain, kata Pramono, situasi pandemi Covid-19 yang membutuhkan biaya tambahan bagi penyelenggara pemilu. Pada Pemilu 2024 nanti, penyelenggara akan membutuhkan alat pelindung diri sepanjang tahapan pemilu dan pilkada. Untuk Pilkada 2020 di 270 daerah saja, Pramono menyebutkan, biaya kebutuhan tambahan di masa pandemi mencapai Rp 2,5 triliun. "Maka secara nasional dengan tahapan lebih panjang, bisa mencapai Rp 7,5 triliun hingga Rp 10 triliun," ujar Pramono.

KPU juga mempertimbangkan untuk memperkuat sarana prasarana kantor KPU di kabupaten, kota, ataupun provinsi. Dengan penambahan anggaran, KPU menyiapkan fitur-fitur baru di bidang IT supaya penyelenggara Pemilu 2024 bisa efektif, efisien dan tidak terlalu membebani petugas dan peserta.

Pramono menuturkan ada 11 aplikasi yang dimanfaatkan KPU untuk Pemilu 2024. Aplikasi itu sudah digunakan beberapa tahun terakhir namun akan diperkuat, diantaranya: Sipol, Sidalih, Sidapil, Sirekap, Silog, Sidakam, Siakba, Sicoklit, Silon hingga Sitps. Empat aplikasi awal hasil bekerja sama dengan ITB, sementara sisanya swakelola. "Masing-masing ada sendiri, tapi data di masing-masing aplikasi terintegrasi," kata Pramono.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, usulan anggaran Pemilu 2024 mengalami lompatan signifikan. Pada 2014, anggaran pemilu mencapai Rp 15,62 triliun. Pemilu 2019, anggarannya meningkat jadi Rp 25,59 triliun.

SUMBER : MAYA AYU PUSPITASARI/TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU