Light Dark

8 CDPOB di Jabar, Jaenudin: Jika Moratorium Pemekaran Dibuka Daerah Itu Sudah Siap

Jawa Barat | 15 Feb 2022, 13:40 WIB
Anggota DPRD Jabar Muhammad Jaenudin. Sejak tahun 2020 Pemprov Jabar sudah mengusulkan delapan daerah untuk CDPOB. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan usulan tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar, Jumat (11/2/2022). Ketiga daerah tersebut yaitu Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Dengan demikian total CDPOB yang diusulkan Jabar sejak tahun 2020 ada delapan daerah. Yaitu, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara. 


Advertisement

Baca Juga :

Anggota DPRD Jabar Muhammad Jaenudin mengapresiasi dengan usulan CDPOB tersebut sebab di dalamnya ada Kabupaten Sukabumi Utara yang menjadi harapan masyarakat Sukabumi. Jaenudin menyatakan, hingga saat ini Pemerintah Pusat masih melakukan moratorium pelaksanaan pemekaran daerah di seluruh Indonesia.

Namun dengan adanya CDPOB tersebut, maka ketika moratorium dibuka daerah-daerah tersebut sudah siap sesuai syarat-syarat yang diminta pemerintah pusat. “Jika moratorium itu dibuka, daerah-daerah itu sudah siap,” ujar anggota DPRD Jabar Dapil Kota dan Kabupaten Sukabumi itu.

Jaenudin menuturkan, pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dilakukan untuk mengejar selisih hitungan dana alokasi umum di setiap provinsi. Dia pun membandingkan Jabar dengan Jawa Tengah yang memiliki lebih banyak kota dan kabupatennya. 


Advertisement

“Jawa Tengah [memiliki] kabupaten kotanya lebih banyak maka otomatis mendapatkan dana alokasi umumnya lebih banyak. Sementara Jabar hanya ini hanya 27 kota kabupaten, tentunya ada selisih yang signifikan setiap tahun dalam hitungan dana alokasi umum,” ujarnya.

Mengenai CDPOB Kabupaten Sukabumi Utara, Jaenudin menyatakan paling pertama diusulkan dibanding daerah lain seperti Bogor. Maka dari itu, Jaenudin akan mendorong ketika moratorium pemekaran daerah dibuka Kabupaten Sukabumi Utara bisa lebih dulu menjadi DOB.

“Kabupaten Sukabumi Utara paling pertama. Kita mendorong karena Sukabumi lebih pertama dibanding dengan Bogor,” ujarnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur