5 Mantan Artis Cilik yang Jadi Sutradara

Selasa 15 Februari 2022, 09:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sutradara merupakan peran penting dalam kesuksesan sebuah karya film.

Meski termasuk bukan pekerjaan yang mudah, namun beberapa mantan artis cilik ini telah sukses menyutradarai film. Salah satunya adalah Umay Shahab.

Mantan artis cilik ini merupakan sutradara pendatang baru yang telah mengarahkan film berjudul ‘Kukira Kau Rumah” yang sudah ditonton lebih dari satu juta penonton hanya dalam satu minggu penayangan.

Baca Juga :

Berprestasi! Inilah 8 Artis Indonesia yang Menulis Buku

Tak hanya Umay Shahab, ternyata ada beberapa mantan artis cilik yang menjadi seorang Sutradara. Siapa saja?

Dikutip dari Suara.com, berikut adalah lima mantan artis cilik yang kini menjadi Sutradara sukses tanah air.

1. Anbo OnthocenophotoAnbo Onthoceno - (via Wowkeren.com)</span

Paras Anbo Onthoceno tentu tak asing lagi bagi pecinta sinetron Cinta Fitri. Anbo berperan sebagai Yuga dari musim pertama hingga keenam dalam sinetron yang dibintangi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu tersebut.

Sama seperti Esa Sigit, Anbo juga melanjutkan pendidikan di jurusan Penyutradaraan Film Institut Kesenian Jakarta. Karier Anbo sebagai aktor masih berjalan hingga sekarang. Terakhir, Anbo berperan sebagai Dirga di serial YouTube Gue Harus Move On.

Sedangkan untuk karier sutradara, Anbo telah mengarahkan film Indie Pesawat Styrofoam, Ego, Bodo Amat, Kualat, Berjarak Sejenak, hingga yang terbaru Mavourneen. Video klip lagu Gundah Gulana oleh Gusti Bambang Ekayasa juga disutradarai Anbo Onthoceno.

2. Leony VitriaphotoLeony Vitria - (Instagram)

Leony Vitria dikenal sebagai personel grup penyanyi cilik, Trio Kwek Kwek. Namun di usia 24 tahun, Leony memilih bekerja di balik layar ketimbang melanjutkan kariernya sebagai penyanyi.

Ia mengawali karier di balik layar dengan menjadi asisten sutradara Aria Kusumadewa dalam film Kentut (2011). Leony rupanya lebih memilih mempelajari teori penyutradaraan lewat otodidak ketimbang pendidikan formal.

Mantan kekasih Eross Candra tersebut juga sesekali masih berperan di film layar lebar. Film terakhir yang dibintanginya adalah Bidadari Mencari Sayap (2020).

3. Esa SigitphotoEsa Sigit - (via Yahooberita.com)

Esa Sigit mengawali karirnya sebagai artis cilik di usia 11 tahun. Sempat belajar bisnis, Esa Sigit banting setir kuliah di jurusan Penyutradaraan Film Institut Kesenian Jakarta untuk mewujudkan mimpinya mendirikan Production House.

Belakangan Esa Sigit memang jarang muncul di layar kaca maupun film layar lebar. Fokus di belakang layar, Esa Sigit telah menyutradarai sejumlah film pendek dengan cerita yang berkesan.

Beberapa judul fil garapannya adalah Matih (2013), Kertas Opini (2013), Belajar Menghitung (2013), dan Terlelap Dalam Sunyi (2021). Esa Sigit juga sekaligus menjadi produser di film Matih dan Terlelap Dalam Sunyi.

4. Derby RomerophotoDerby Romero - (Wikipedia)

Derby Romero juga mencoba peruntungannya menjadi sutradara dengan mengarahkan film horor Mati Anak pada 2019. Derby mengarahkan film produksi Pichouse Film yang dibintangi sejumlah aktor ternama, seperti Cinta Laura dan Irsyadillah yang telah dikenal sebagai pemain profesional.

Kualitas akting dan chemistry para pemain diakui Derby sangat membantunya dalam mengarahkan film debutnya sebagai sutradara itu. Derby Romero selanjutnya menyutradarai film Gas Kuy (2021) dan perdana menjadi produser sekaligus aktor untuk film Sekte (2019).

5. Umay ShahabphotoUmay Shahab - (Pinterest)

Umay Shahab mengawali kariernya sebagai sutradara dengan mengarahkan film Kukira Kau Rumah yang diproduseri dan dibintangi Prilly Latuconsina. Debut penyutradaraan Umay sukses mengantarkannya sebagai sutradara termuda untuk film Indonesia yang berhasil masuk box office.

Usia Umay yang kini 20 tahun menggeser posisi Bayu Skak sebagai sutradara box office termuda pada 2019. Umay juga patut berbangga karena film Kukira Kau Rumah menjadi film kedua yang meraih 1 juta penonton di era pandemi Covid-19 sekaligus yang pertama sepanjang tahun 2022.

Sumber: Suara.com 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto