Light Dark

5 Komponen Penting Pada Sistem Informasi

Komputer | 12 Feb 2022, 13:17 WIB
(Ilustrasi) Sistem Informasi terdiri dari berbagai komponen di dalamnya. | via medium.com

SUKABUMIUPDATE.com - Sistem Informasi merupakan bidang ilmu komputer yang berhubungan dengan proses pengumpulan serta pengorganisasian data dan informasi. Di dalamnya terdapat berbagai komponen.

Di era digitalisasi saat ini, Sistem Informasi banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, pendidikan, kesehatan, industri dan lini kehidupan lainnya.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Sistem Informasi. - (via aecom.com)

Melansir britannica.com, untuk menunjang proses pengumpulan informasi, Sistem Informasi memiliki lima Komponen penting yang dirangkum di bawah berikut ini:


Advertisement

Baca Juga :

1. Hardware 

Hardware merupakan bagian fisik dari komputer atau gadget lain yang digunakan sebagai sarana penunjang pengolahan informasi.

Hardware atau perangkat keras bisa berukuran kecil seperti smartphone hingga berukuran besar seperti superkomputer yang membutuhkan ruang besar.

Hardware juga meliputi perangkat-perangkat kecil pendukung seperti keyboard, SD Card, Hard Disk dan lainnya.

Munculnya Internet of Things, maka akan lebih banyak lagi perangkat pintar yang berkontribusi dalam pengolahan data serta informasi. Perangkat pintar tersebut memiliki tambahan hardware berupa sensor khusus.

2. Software 

Software merupakan bagian Sistem Informasi yang tidak dapat disentuh secara fisik. Software juga diibaratkan sebagai ‘nyawa’ dari hardware. Tanpa adanya software, hardware hanyalah benda yang tidak berguna.

Software sendiri dibagia ke dalam dua jenis yakni sistem operasi dan aplikasi. Sistem operasi merupakan software yang bertanggung jawab terhadap segala proses kerja yang ada pada hardware. Sedangkan aplikasi adalah software yang memiliki tugas khusus dan tertentu.

Contoh sistem operasi adalah Windows, Mac, iOS, Android dan lainnya. Sedangkan contoh aplikasi adalah Office, Email, Photo Editor dan lainnya.

Software memiliki peran utama dalam proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi sebuah informasi.

3. Telekomunikasi

Telekomunikasi juga merupakan Komponen yang terlibat langsung dalam pengumpulan data serta informasi. Pasalnya, tanpa ada telekomunikasi, sebuah perangkat tidak akan mendapatkan data yang diinginkan.

Internet merupakan salah satu yang termasuk ke dalam Komponen telekomunikasi. Internet sendiri bermacam-macam ada yang nirkabel maupun menggunakan kabel serat optik.

4. Database

Database merupakan Komponen yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya data. Jika database tidak ada, maka data yang didapat akan hilang begitu saja tanpa tersimpan.

Database sendiri beragam jenisnya sesuai dengan fitur serta kemampuan penyimpanan datanya. Di era teknologi yang pesat saat ini, muncul sebuah konsep Big Data yang bisa dibilang sebagai database berukuran raksasa.

Di dalamnya terdapat data dalam jumlah yang sangat banyak, nantinya data-data tersebut digunakan untuk keperluan analisis dan penentuan keputusan bisnis.

5. Manusia

Terakhir, Komponen yang tidak kalah pentingnya dari sebelumnya adalah manusia. Ya, tanpa manusia bagaimana sebuah Sistem Informasi diatur dan dioperasikan.

Manusia juga merupakan Komponen yang menentukan prosedur dalam sistem operasi. Manusia dalam ilmu komputer dikenal dengan nama brainware alias perangkat otak.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri