AWAS! Inilah 8 Bumbu atau Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Lama

Jumat 11 Februari 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Meski beberapa Bahan makanan atau Bumbu dapur telah dicampur dengan bahan pengawet, namun ada baiknya updaters tidak menyimpannya terlalu lama.

Selain itu, ada hal yang perlu dicermati sebelum akhir masa simpannya. Sebagai praktik keselamatan terbaik, selalu baca label dengan cermat sebelum kamu mengkonsumsi suatu produk.

Lalu apa saja bumbu dan bahan makanan yang tidak boleh disimpan lama tersebut?

Dilansir dari Suara.com, berikut daftar bumbu dapur dan bahan makanan yang tidak dapat disimpan dalam waktu lama.

1. Produk kalengan

photoIlustrasi Makanan Kaleng - (Unsplash)

Untuk kualitas terbaik, gunakan produk kalengan dalam waktu satu tahun. Namun, makanan rendah keasaman seperti sayuran bisa disimpan selama dua hingga lima tahun.

Makanan dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi seperti tomat harus digunakan dalam waktu 18 bulan.

Baca Juga :

Perhatikan juga tanda-tanda kerusakan pada kaleng itu sendiri. Dan jika Anda memiliki banyak kaleng di dapur pastikan gunakan berdasarkan tanggal kadaluarsanya. 

2. Tepung

photoIlustrasi Tepung - (Unsplash)

Tepung putih bisa bertahan sekitar satu tahun dan umur simpannya lebih sedikit untuk varietas gandum utuh. Anda dapat menyimpan tepung di lemari es atau freezer untuk memperpanjang umur simpan, tetapi pastikan untuk tetap bebas kelembapan.

3. Kantong Teh

photoKantong Teh - (Unsplash)

Kantong teh dapat kehilangan antioksidan yang berharga karena disimpan di rak dari waktu ke waktu. Cobalah untuk menjaga agar persediaan kantong teh habis dalam wadah kecil yang diganti beberapa kali dalam setahun.

4. Minyak tertentu

photoMinyak goreng. - (Istimewa)

Minyak yang belum dibuka dapat bertahan selama satu hingga dua tahun jika disimpan dengan benar di tempat yang sejuk, gelap, atau bahkan di lemari es.Setelah dibuka, sebagian besar minyak masih bertahan selama sekitar satu tahun dalam kondisi yang baik, tetapi perhatikan perubahan warna dan bau dari waktu ke waktu. Beberapa minyak dengan umur simpan yang lebih pendek termasuk minyak wijen, biji anggur, kenari, dan alpukat.

5. Gandum

photoGandum. - (nestle-cereals.com)

Oat dan biji-bijian lainnya mengandung minyak yang sehat dan lembut dan bisa menjadi tengik. Beli gandum dalam jumlah yang dapat Anda gunakan dalam waktu empat hingga enam bulan dan bekukan tambahan apa pun.

6. Selai kacang

photoIlustrasi selai kacang. - (anekatop10.com)

Selai kacang akan bertahan sekitar tiga bulan di dapur setelah dibuka, tetapi Anda mungkin mulai melihat tanda-tanda pemisahan minyak. Menyimpan minyak di lemari es akan memperpanjang umur simpannya selama tiga hingga enam bulan lagi. Selai kacang yang belum dibuka bisa bertahan di dapur selama setahun.

7. Rempah-rempah

photoIlustrasi rempah-rempah - (Atulcodex/Pixabay)

Rempah-rempah bisa bertahan sangat lama di rak dapur, tetapi mereka menjadi kurang efektif dalam membumbui makanan Anda jika disimpan terlalu lama. Kebanyakan bumbu yang digiling bertahan dua hingga tiga tahun, tetapi Anda harus bisa mencicipinya sebelum digunakan. Penyimpanan bumbu disarankan maksimal enam bulan untuk mendapatkan manfaat dari kualitas antioksidan rempah-rempah.

8. Soda kue dan ragi roti

photoIlustrasi soda kue. - (Pixabay.com)

Jika Anda seorang pembuat roti musiman, kemungkinan Anda hanya menggunakan beberapa bahan kue beberapa kali dalam setahun. Soda kue dapat menghilangkan bau dan kehilangan daya mendesisnya. Ragi roti  memiliki tanggal kadaluarsa yang harus Anda patuhi dan untuk soda kue, masa pakainya sekitar enam bulan setelah dibuka.

 

Sumber: Suara.com 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel20 September 2024, 07:01 WIB

Ekspedisi Canyoneering, Kenalkan Potensi Wisata Alam Baru di Jampangtengah Sukabumi

ungai Cileungsir yang berlokasi di Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, ternyata memiliki potensi wisata alam berupa air terjun yang masih perawan dan lokasinya berdekatan.
Ekspedisi canyoneering di Sungai Cileungsir Jampangtengah Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Inspirasi20 September 2024, 06:30 WIB

1.245 Lulus MS, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kota Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi 2024 (Sumber : Instagram/@bkpsdmkotasukabumi)
Food & Travel20 September 2024, 06:00 WIB

Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah

Bolu kukus sering dijadikan camilan atau hidangan penutup, dan disukai oleh berbagai kalangan karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lembut.
Ilustrasi. Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah. (Sumber : Pixabay/Steward Masweneng)
Science20 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 September 2024, Langit Cenderung Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024. | Foto: SU/Dede
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MCorp. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)