Light Dark

Mengenal IP Address, Identitas Perangkat Ketika Berselancar Internet

Komputer | 08 Feb 2022, 11:15 WIB
(Ilustrasi) IP Address berkaitan dengan internet. | wallpapercave.com

SUKABUMIUPDATE.com - IP Address banyak tidak tahu istilah tersebut? IP Address selalu berkaitan dengan internet. Ketika kita menggunakan internet, maka kita sejatinya memiliki IP Address.

IP Address pengguna internet biasanya diketahui oleh provider yang kita gunakan. Namun, tidak jarang IP Address kita muncul di website yang kita akses.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Internet. - (wallpapercave.com)

Lalu apa itu IP Address? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan tentang IP Address berikut ini.


Advertisement

Baca Juga :

Mengenal IP Address

IP Address adalah identitas suatu perangkat agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Biasanya penyedia layanan internet akan memberikan IP Address untuk mempermudah identifikasi penggunanya, karena pengguna internet saat ini sangatlah banyak.

IP Address terdiri dari kumpulan angka-angka yang dikelompokkan menjadi 4 bagian. Setiap bagian IP Address terdiri dari satu sampai tiga digit angka dengan rentang dari 0 sampai 255.

IP Address terdiri dua bagian yakni identitas jaringan atau Network ID dan identitas hosting atau Host ID. 

Identitas jaringan atau Network ID merupakan bagian yang menunjukkan lokasi jaringan aktif. Sedangkan identitas hosting atau Host ID adalah bagian IP Address yang menunjukkan informasi perangkat.

Jenis IP Address berdasarkan luas cakupannya

a. IP Public

IP Public adalah jenis IP Address dengan cakupan luas, digunakan perangkat komputer dalam jaringan internet yang sangat luas atau global. IP Public biasanya didapatkan pengguna internet dari Internet Service Provider (ISP) atau penyedia layanan internet.

b. IP Private

IP Private sesuai namanya, memiliki cakupan luas yang lebih sempit dibanding IP Public. IP private tidak dapat digunakan secara luas, biasanya hanya digunakan untuk ruang lingkup perusahaan, hotel atau sekolah.

Jenis IP Address berdasarkan cara perolehannya

a. IP Dynamic

IP Dynamic sesuai namanya, jenis IP Address ini bersifat berubah-ubah dari waktu ke waktu. Perubahan IP Address ini dilakukan oleh penyedia layanan internet karena persediaan IP Address yang semakin sedikit.

b. IP Static

Berbeda dengan IP Dynamic, IP Static tidak berubah-rubah dari waktu ke waktu. Namun, untuk mendapatkan IP Static pengguna harus melakukan pembayaran kepada penyedia layanan internet.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri