5 Tanda Skincare Kurang Efektif, Segera Lakukan Ini

Senin 07 Februari 2022, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemakaian skincare yang kurang cocok atau tidak tepat dapat menimbulkan masalah baru pada kulit. Hal itu memang membutuhkan waktu cukup lama, untuk mengenali kondisi kulit sendiri secara keseluruhan.

Karena untuk menemukan skincare yang tepat dengan kondisi kulit, terkadang kondisi kulit setiap orang akan berbeda meskipun memiliki tipe kulit yang sama. 

Bahan aktif yang ada dalam sebuah skincare, bisa saja cocok untuk sebagian orang. Namun, untuk beberapa orang bisa jadi kandungan skincare tersebut dapat menimbulkan masalah baru pada kulit.

Oleh sebab itu, untuk melakukan perawatan kulit sendiri dirumah dengan produk over the counter (OTC) atau produk yang banyak beredar dipasaran. 

Akan memerlukan waktu cukup lama dan ketelatenan, sampai mendapatkan perubahan kondisi kulit yang lebih baik.

Untuk meminimalisir proses tersebut, sebaiknya kamu mengenali tanda-tanda dari skincare yang kamu gunakan kurang efektif. Atau bisa jadi justru tidak cocok untuk kulitmu, yuk simak sampai tuntas.

Baca Juga :

1. Jerawat Bertambah

photoIlustrasi Jerawat Bertambah - (iStock)</span

Tanda umum yang biasanya muncul ketika skincare yang digunakan tidak bekerja efektif adalah bertambahnya jerawat.

Jerawat dalam periode tertentu memanglah wajar, khususnya bagi wanita. Namun, jika jerawat itu bertambah diluar waktu tersebut, maka artinya skincare yang kamu gunakan bisa saja tidak cocok.

Untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak dan rawan berjerawat, bisa jadi skincare yang kamu gunakan tidak memiliki kandungan yang dapat mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak tersebut.

Kamu bisa memilih produk skincare dengan kandungan asam salisilat untuk mengatasi masalah tersebut.

Sedangkan bagi kamu yang memiliki tipe kulit cenderung kering dan dehidrasi, bertambahnya jerawat bisa jadi karena skincare yang kamu gunakan tidak memberikan kelembaban dan hidrasi yang baik pada kulit.

Cobalah gunakan skincare dengan kandungan hyaluronic, dan ceramide yang dapat menahan kelembaban kulit lebih lama. 

2. Iritasi Kulit

photoIlustrasi Wajah Iritasi - (iStock)</span

Jika setelah menggunakan sebuah produk skincare, kemudian kamu justru merasa kulit gatal, perih, atau iritasi. Itu merupakan tanda lainnya bahwa skincare yang kamu gunakan tidak cocok.

Untuk mengetahui hal tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah menghentikan sementara penggunaannya. Setidaknya selama satu minggu, agar mengetahui produk mana yang memicu iritasi tersebut.

Sampai ditemukan penyebabnya. Setelah itu, perlahan baru bisa tambahkan satu persatu rangkaian produk skincare yang ingin kamu gunakan. Memang perlu ketelatenan, ya girls.

3. Kulit Kencang Setelah Dibersihkan

photoIlustrasi Kulit Kencang - (Pexels)</span

Banyak yang beranggapan jika hasil dari membersihkan kulit, harus terasa kesat dan kulit super kencang. Baru dirasa kulit sudah bebas dari segala macam kotoran.

Namun, ternyata hal itu kurang baik untuk kesehatan kulit kamu, loh ladies. Kulit yang terasa sangat kencang, hingga kering setelah membersihkan wajah. 

Itu artinya, produk skincare yang digunakan cukup kasar untuk kulit. Kondisi ini justru dapat mengurangi efektivitas rangkaian skincare kamu selanjutnya.

Jadi, gunakan produk pembersih kulit yang lembut dan tidak meninggalkan rasa kulit yang sangat kencang, dan terasa ketarik, ya.

4. Kulit Memerah

photoIlustrasi Wajah Memerah - (Pexels.com)</span

Jika kamu merasakan kondisi kulit yang memerah, dan disertai benjolan kecil di area wajah. Kemungkinan itu merupakan tanda kulit mengalami pembengkakan pembuluh darah atau disebut rosacea.

Kondisi tersebut juga merupakan salah satu tanda skincare tidak bekerja efektif dalam meningkatkan kesehatan kulit. 

Untuk meredakannya, kamu memerlukan produk skincare yang dapat menenangkan kulit dari inflamasi. Seperti kandungan centella asiatica dan panthenol.

5. Tidak Ada Perubahan

photoIlustrasi Wajah Tidak Ada Perubahan - (Pexels.com)</span

Hal yang pasti dalam penggunaan skincare adalah, bahwa hasilnya tidak akan terlihat dalam waktu semalam. Perlu beberapa minggu, bahkan hingga beberapa bulan.

Meskipun demikian, kamu perlu jeli untuk melihat perubahan tersebut. Jika dalam kurun waktu setidaknya satu bulan, ternyata kulit kamu tidak mengalami perubahan yang lebih baik.

Bisa saja itu merupakan tanda skincare yang kamu gunakan tidak bekerja efektif dalam merawat kulit. Tetapi, itu pun tergantung pada jenis skincare yang kamu gunakan.

Seperti produk penghilang garis halus atau anti aging, hasil akan terlihat biasanya baru akan dirasakan setidaknya setelah 6 minggu pemakaian. 

Adapun untuk produk skincare yang mengatasi jerawat, akan bekerja setelah beberapa minggu. Tergantung kondisi jerawat itu sendiri, pada tingkat ringan, sedang, atau parah.

Sedangkan untuk produk pelembab, seharusnya dapat terasa tingkat efektivitasnya segera setelah pemakaian, dan beberapa hari kedepan. Apakah produk tersebut dapat menahan kelembaban dalam waktu lama atau tidak.

Itulah lima tanda skincare yang tidak bekerja efektif untuk meningkatkan kondisi kulit yang lebih baik. Jadi, apabila tanda tersebut kamu rasakan. Segera hentikan penggunaannya.

Hal penting lainnya yang perlu diingat, Gunakan selalu produk skincare yang telah terdaftar resmi di BPOM, jangan sampai kamu menggunakan skincare dengan kandungan yang dilarang penggunaannya.

Writer: Fira Alfi Syahrin

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer