10+ Ciri dan Kebiasaan Jika Kamu Cerdas Secara Emosional (EQ)

Sabtu 05 Februari 2022, 11:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mengenai kecerdasan manusia, kita tidak hanya dianugerahi kecerdasan secara intelektual saja atau IQ, melainkan juga kecerdasan secara Emosional (EQ).

Menurut Goleman “kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur emosi, menjaga emosi, dan pengungkapan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, empati, motivasi diri dan keterampilan sosial”.

Memiliki kecerdasan emosional dapat memberikan kita kesehatan mental yang stabil dengan mampu memahami emosi yang kita rasakan.

photoIQ dan EQ merupakan Kecerdasan yang dimiliki Manusia - (Unsplash)

Selain itu, pintar secara emosi juga dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap orang lain dan lingkungan sosial.

Ada beberapa ciri dan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang yang cerdas secara emosional, antaranya;

1. Mampu menerima perbedaan

Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional biasanya mereka terbuka dengan diskusi dan sadar dengan kemungkinan jika pendapat mereka bisa saja salah.

Disaat tidak setuju pun, mereka tetap menghargai hak seseorang untuk menyampaikan pendapatnya.

2. Memahami makna perasaan

Dapat dengan mudah mengidentifikasi pesan yang ingin disampaikan oleh perasaan yang muncul. Sehingga mereka tahu respon yang tepat terhadap perasaan tersebut.

3. Mengakui kesalahan dan kelemahan

Orang-orang yang pintar secara emosional tahu bahwa diri mereka tidaklah sempurna. Mereka menyadari bahwa mereka hanya manusia biasa yang sangat memungkinkan untuk melakukan kesalahan serta memiliki kelemahan. Karena itu, mereka tidak malu untuk mengakui hal tersebut.

4. Tahu cara menghadapi Toxic People

Ketika berhadapan dengan seseorang yang toxic, mereka telah memiliki batasan yang ditetapkan sebelumnya. Dengan ini mereka akan lebih punya kendali atas situasi yang akan dihadapi.

5. Mudah memaafkan

Memaafkan adalah hal yang tidak sulit bagi orang-orang yang cerdas secara emosional, mereka mudah memaafkan baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri.

Baca Juga :

Mereka tidak membawa beban amarah itu terlalu lama. Karena mereka mengerti bahwa pada akhirnya hal tersebut hanya akan merugikan diri mereka.

6. Menjaga ekspektasi

Tidak semua hal yang kita ekspektasikan akan sesuai, bahkan akhir dari sebuah ekspektasi seringkali adalah sebuah kekecewaan.

Dengan memahami hal ini, mereka lebih fokus untuk menikmati prosesnya daripada memikirkan hasil.

7. Tenang dalam menolak

Mereka mengerti bahwa tidak selamanya “iya” itu baik bagi diri sendiri khususnya. Terkadang mengatakan “iya” hanya akan mengganggu prioritas yang lebih penting di hidup mereka. Prioritas ini seringkali adalah diri kita sendiri.

8. Menerima kritikan

Bagi mereka kritikan itu baik, karena dapat membangun kapasitas mereka. Hal ini termasuk bahwa selalu ada ruang untuk terus memperbaiki diri. Maka dari itu, mereka sama sekali tidak terganggu dengan kritikan yang datang.

9. Menjaga komitmen

Bertanggung jawab atas apa yang mereka janjikan. Tidak peduli sekecil apapun janji yang mereka buat. Karena mereka tahu, bisa jadi itu adalah hal berharga untuk orang lain.

10. Pintar menempatkan diri

Ketika Mereka berbicara atau berhadapan, mereka tahu dengan siapa mereka berbicara atau berhadapan, sehingga mereka akan memperhatikan retorika ketika berbicara.

11. Memiliki empati yang tinggi

Mencoba untuk menaruh diri mereka pada posisi orang lain untuk mencoba mengerti dan memahami apa yang orang lain rasakan. Mereka juga akan tulus dalam membantu.

12.  Tidak membandingkan diri

Setiap orang memiliki garis start yang berbeda-beda, karena itu tidak adil bagi mereka untuk membandingkan diri dengan orang lain.

13.  Tidak berlebihan

Mampu menahan untuk tidak terlalu membanggakan diri atau melebih-lebihkan pencapaian diri mereka. Mereka akan selalu mengatakan apa adanya.

14.  Tidak menyalahkan diri

Mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan tanpa harus menyalahkan kenapa  mereka melakukan hal tersebut. Karena mereka tahu dari situlah mereka berkembang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)