Light Dark

Tilang Elektronik Diterapkan Tahun Depan di Seluruh Indonesia

Video | 04 Feb 2022, 21:32 WIB 04 Feb 2022, 21:32 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) direncanakan berlaku di seluruh Indonesia pada tahun depan. Dilansir dari tempo.co, nantinya kebijakan ini akan diberlakukan dalam tiga tahap.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan. Dirinya juga menyebutkan bahwa tahap kedua pemberlakuan Tilang Elektronik ini akan diluncurkan di 13 Polda akhir Februari atau Maret awal.

“Jadi nanti di tahun 2023 ini diharapkan seluruh Indonesia sudah menggunakan ETLE, jadi basis penegakan hukum ini berbasis pada IT,” kata Brigjen Aan seperti dikutip Tempo dari situs resmi Korlantas Polri.

Sejauh ini Korlantas Polri melaporkan bahwa penerapan Tilang Elektronik berdampak positif dan efektif. Bagaimana tidak, aturan ETLE tersebut dianggap mampu mengubah perilaku pengguna jalan.

“Ini perkembangan sangat luar biasa, efektivitas ETLE sejak maret sampai dengan saat ini kalau kita lihat data yang ada, ini sangat efektif untuk membuat atau mengubah perilaku pengguna jalan terutama di ruas-ruas yang ada kamera ETLE. Ini sangat luar biasa,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Brigjen Aan turut mengajak sejumlah pengendara untuk disiplin dan tertib berlalu lintas. Dirinya berharap masyarakat bisa menaati peraturan lalu lintas, baik ada kamera Tilang Elektronik atau tidak.

“Ayo kita tertib dan disiplin berlalu lintas, ada kamera atau pun tidak ada, ada Polisi atau pun tidak ada. Masyarakat harus menjadi Polisi untuk dirinya sendiri. Sehingga dalam berlalu lintas tetap mengikuti aturan perundang-undangan yang ada, baik diawasi atau tidak tetap tertib di jalan,” tutupnya.

Sumber: Tempo.co

Video Editor: Afrizal Akbar

Image

Admin SUpdate

Image

Budiono