Light Dark

Tidak Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Aplikasi di Dalam Microsoft Office

Aplikasi | 04 Feb 2022, 14:30 WIB
Microsoft Office. | via howtogeek.com

SUKABUMIUPDATE.com - Microsoft Office merupakan aplikasi pengolah data yang sangat dikenal dan banyak digunakan di dunia. Bisa dibilang aplikasi ini sudah menjadi kebutuhan wajib setiap pekerja kantoran.

Di dalam Microsoft Office terdapat banyak aplikasi-aplikasi. Namun, mayoritas dari kita hanya tahu tiga aplikasi saja yakni word, excel dan powerpoint.


Advertisement

Selain ketiganya, rupanya aplikasi Microsoft Office lainnya memiliki fungsi beragam yang dapat membantu pekerjaan. 

photoMicrosoft Visio. - (via techcommunity.microsoft.com)

Berikut ini daftar tujuh aplikasi Microsoft Office beserta fungsinya yang tidak banyak diketahui.


Advertisement

Baca Juga :

Word

Microsoft Word siapa yang tidak tahu dengan aplikasi perkantoran satu ini. Setiap tulisan cetak yang ada di dunia mayoritas dibuat menggunakan Word.

Fungsi utama dari Word adalah mengolah kata menjadi berbagai dokumen. Tidak hanya tulisan, kamu juga dapat memasukkan gambar ke dalamnya.

Excel

Sama seperti Word, Excel juga merupakan aplikasi Microsoft Office yang banyak dikenal oleh orang.

Excel berfungsi untuk pengolahan data (Aritmatika) berbasis tabel. Aplikasi banyak digunakan untuk mencatat dana pemasukan dan pengeluaran serta digunakan untuk otomasi pencatatan nilai mata pelajaran.

Di dalam Excel terdapat banyak rumus-rumus aritmatika untuk memudahkan perhitungan matematis. Selain itu, kamu bisa melakukan data visualization berbekal Excel.

Powerpoint

Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, Powerpoint adalah aplikasi Microsoft Office yang memiliki fungsi utama untuk presentasi.

Di dalam aplikasi ini kamu bisa bebas berkreasi, menambahkan tulisan, gambar, video serta animasi dan transisi untuk memperindah tampilan presentasi.

Visio

Visio sekilas simbol aplikasi ini mirip seperti Word, jangan sampai terkecoh. Aplikasi ini bisa dibilang lebih muda ketimbang tiga aplikasi sebelumnya, karena versi stabilnya baru dirilis pada tahun 2006.

Fungsi utama dari Visio adalah membuat flowchart. Di dalam aplikasi ini kamu akan disediakan berbagai bangun datar yang mewakili komponen flowchart.

Untuk membuat flowchart kamu cukup mendrag komponennya. Hebatnya lagi kamu bisa menyesuaikan penempatannya. Tentunya ini jauh lebih efisien ketimbang membuat flowchart di Word.

Publisher

Aplikasi Microsoft Office satu ini sejatinya kurang dikenal dan kalah pamor dari aplikasi ini. Microsoft Publisher memiliki fungsi untuk pembuatan koran, katalog, brosur, poster, majalah dan lainnya.

Namun karena aplikasi graphic design lain memiliki fitur yang lebih menarik, maka Publisher kurang dilirik. Meski begitu aplikasi ini layak digunakan, apalagi sudah berada dalam paket Microsoft Office tanpa harus keluar uang lebih.

Access

Microsoft Access merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sebagai database, mirip SQL. Namun kebanyakan aplikasi ini digunakan untuk perusahaan kecil saja. 

Access juga dapat digunakan untuk mengatur pengupahan karyawan, pencatatan stok barang hingga absensi karyawan.

OneNote

Aplikasi Microsoft Office yang terakhir pada daftar ini adalah OneNote. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk membuat catatan kecil dan memo.

Meski sekilas mirip Word, namun ada batasan tertentu OneNote sehingga menjadikannya lebih cocok digunakan untuk membuat memo atau catatan kecil. 

Melalui aplikasi ini juga kamu bisa membuat daftar belanjaan, to-do-list, hingga pengingat kegiatan.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri