Mengenal Prinsip Work Life Balance, Penting Bagi Pekerja

Jumat 04 Februari 2022, 11:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Work life balance atau keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah suatu kondisi dimana keduanya berjalan seimbang.

Artinya seseorang yang bisa menerapkan prinsip work life balance berarti orang tersebut dapat membagi waktu dan pikirannya untuk pekerjaan, kehidupan keluarga dan lainnya.

Bekerja bukan hanya tentang waktu yang dihabiskan, lebih dari itu bekerja juga haruslah seefektif dan seefisien mungkin sehingga pekerjaan akan berjalan dengan benar.

Bekerja selama mungkin bukanlah hal yang baik, hal ini akan membuat kita cepat merasa lelah dan jenuh, efeknya stress pun meningkat bila hal ini terjadi bukan hanya pekerjaan saja yang dirugikan, kehidupan pribadi pun bisa ikut terpengaruh, sehingga membuat orang-orang disekitar kita merasa tak nyaman.

Untuk menghindari hal tersebut hadirlah konsep work life balance sehingga kehidupan yang dijalani akan lebih menyenangkan. Berikut manfaat menjalani hidup dengan prinsip work life balance.

Baca Juga :

1. Terhindar dari Perasaan Stress dan Jenuh

photoIlustrasi Stress Bekerja - (Unplash.com)</span

Orang yang memiliki prinsip work life balance berarti akan memiliki space waktu tak hanya untuk pekerjaan, tapi juga untuk kegiatan lain yang disenanginya.

Seperti melaksanakan hobi atau pun berlibur bersama keluarga. Tentu saja ini berpengaruh pada keadaan psikologis yang menjadi lebih stabil.

Seperti yang kita tahu, hobi atau kegiatan yang disenangi dapat menurunkan tingkat stress dan membuat bahagia. Tentu saja hal ini juga akan mempengaruhi interaksi kita dengan orang menjadi lebih bersemangat dan tidak jenuh.

2. Lebih Produktif

photoIlustrasi Lebih Produktif - (Unplash.com)</span

Memegang prinsip work life balance akan membuat perasaan jenuh dan stress berkurang.

Hal ini tentu berpengaruh kepada otak, dimana otak akan menjadi lebih segar dan pikiran akan lebih optimal untuk digunakan sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

Baik produktivitas saat bekerja dimana bekerja akan menjadi lebih efektif dan efisien maupun diluar pekerjaan dimana waktu 24 jam akan berlalu dengan hal-hal yang tidak menjenuhkan.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

photoIlustrasi Orang Bahagia - (Pexels.com)</span

Saat stress dan jenuh dalam diri berkurang, maka perasaan akan cenderung lebih bahagia dan kehidupan akan terasa lebih menyenangkan.

Hal ini juga akan berpengaruh pada interaksi yang dilakukan dengan orang-orang di sekelilingnya.

Dimana saat berinteraksi dengan perasaan bahagia juga akan membuat orang yang berinteraksi tersebut ikut bahagia. Seperti yang kita ketahui, kebahagiaan dalam din akan membuat kualitas hidup menjadi lebih baik.

4. Tidak Mudah Terserang Penyakit

photoIlustrasi Sehat - (Pexels.com)</span

Banyak penyakit yang awalnya berasal dari pikiran yang tidak baik-baik saja.

Oleh karena itu, orang yang menerapkan prinsip hidup work life balance cenderung tidak mudah untuk terserang penyakit karena kondisi mentalnya yang selalu terhindar dari perasaan stress dan jenuh.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diambil bila kita memegang prinsip work life balance. Tentu saja semua orang bisa memegang prinsip ini.

Untuk itu berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan prinsip hidup work life balance.

1. Fokus pada Hal yang Ada di Depan Mata

photoIlustrasi Fokus - (Unplash.com)</span

Saat kamu sedang bekerja, fokuskan pikiranmu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jangan pernah membawa pikiran soal pekerjaan saat waktu bekerja selesai.

Apabila rekan kerja atau temanmu meminta untuk menyelesaikan pekerjaan diluar jam kerja, coba berdiskusilah agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan besoknya.

Begitu pula saat kamu di rumah, cobalah untuk fokus menikmati kegiatan yang sedang kamu lakukan, bila sedang bermain dengan anak, fokuskan diri untuk bersama anak Jangan biarkan pekerjaan mendistraksi pikiranmu saat di rumah sehingga pikiranmu akan kembali segar.

Ingat, Mulailah untuk fokus pada kegiatan yang ada di depan matamu.

2. Jangan Menunda Pekerjaan

photoIlustrasi Menunda Pekerjaan - (Unplash.com)</span

Menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat pikiran berfokus pada hal tersebut. Padahal Sebelumnya telah disebutkan bahwa untuk bisa hidup dengan prinsip work life balance adalah dengan fokus pada hal yang ada di depan mata.

Oleh karena itu sebisa mungkin kerjakan apa yang ada di hadapanmu jangan sampai karena terus ditunda-tunda pekerjaan tersebut menjadi tidak selesai dan akhirnya membuat terus kepikiran.

Biasakan untuk langsung dikerjakan dan selesaikan agar pikiran tidak stress.

3. Berbagi Beban

photoIlustrasi Berbagi Beban - (Unplash.com)</span

Pekerjaan akan terasa lebih ringan bila dikerjakan bersama. Tentu kita sudah tidak asing dengan istilah tersebut Pertanyaannya, apakah kamu sudah melaksanakan hal itu?

Bila pekerjaanmu saat ini terasa berat cobalah untuk berdiskusi dan berbagi keluh kesah dengan yang lainnya siapa tau rekan kerjamu bisa membantu sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Tak jarang kita memilih diam dan memendam semuanya sendiri, hal itu bisa membuat pikiran menjadi stress dan tidak fokus loh.

Yuk mulai untuk saling membantu dengan teman-teman yang lain, supaya kita semua bisa menerapkan prinsip work life balance bersama- sama sehingga kita bisa bahagia bersama-sama.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)