Cerita Muhidin di Cikembar Sukabumi, Meraup Untung dari Kerajinan Kayu

Jumat 28 Januari 2022, 12:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bermula dari ketidaksengajaan mengumpulkan limbah kayu di sekitar rumah, Muhidin (44 tahun) berhasil mendirikan usaha kerajinan. Ia merupakan warga RT 03/05 Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, yang memulai usaha berbahan dasar kayu ini sejak 2018.

Tidak diawali penyusunan business plan seperti orang kebanyakan, ide usaha tersebut muncul begitu saja ketika Muhidin melihat banyak limbah kayu berserakan di sekitar rumahnya. Ia kemudian mengumpulkan limbah-limbah itu dan mulai dibuatnya menjadi kerajinan tangan seperti gantungan kunci dan pernak-pernik lainnya.

Ketidaksengajaan secara perlahan menjadi usaha yang menjanjikan. Bahkan setiap bulannya, Muhidin bisa mengantongi pendapatan bersih hingga Rp 5 juta. Selama kurang lebih tiga tahun dia menekuni usaha kerajinan yang belakangan didominasi pembuatan furniture minimalis seperti meja duduk, kursi, lemari, dan sebagainya.

"Penghasilan saya banyaknya dari furniture. Banyak juga yang pesan furniture kustom seperti tempat tidur dua tingkat, meja kafe, dan lain-lain," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Kamis, 27 Januari 2022. Harga produk Muhidin bervariasi tergantung ukuran dan dimensi. "Misal meja harganya Rp 1 juta."

photoProduk yang dibuat Muhidin (44 tahun), warga warga RT 03/05 Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Semangat Gopar Asal Cisolok Sukabumi, Hidupi Keluarga dari Replika Perahu

Muhidin biasa menggunakan bahan baku kayu jati belanda untuk membuat beragam kerajinan dan furniture tersebut. Sebab menurutnya, kayu ini paling diminati konsumen karena memiliki daya tahan yang kuat dan mudah diaplikasikan. "Teksturnya juga kering dan kuat," ucap dia menjelaskan.

Kekinian, Muhidin mengatakan usahanya sedang mengalami kendala. Ini disebabkan harga bahan baku kayu belanda yang melonjak. Ia pun terpaksa menghentikan pembuatan produknya dan banting setir menjadi sopir mobil sewaan, sambil kembali menabung untuk membeli bahan baku dengan jumlah banyak.

"Dulu harga bahan baku Rp 150 ribu satu mobil bak, isinya sekira 10 palet kayu belanda. Tapi sekarang satu palet kayu bisa sampai Rp 60 ribu. Sedangkan kalau kita beli, minimal harus satu mobil bak," katanya.

REPORTER: CRP 3

Koleksi Video Lainnya:

Masyarakat Sunda Sukabumi Minta Arteria Dahlan Dipecat dari DPR RI

4 Pemain Timnas Paling Disorot, Ricky Kambuaya Hingga Pratama Arhan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).