Light Dark

7 Jenis Hacker yang Wajib Kamu Tahu, Tidak Semuanya Jahat!

Komputer | 27 Jan 2022, 11:36 WIB
Hacker. | wallpapercave.com

SUKABUMIUPDATE.com - Hacker adalah individu atau kelompok yang bertindak untuk membobol sistem keamanan website atau aplikasi individu, perusahaan atau lembaga pemerintahan.

Dari pengertiannya, Hacker bisa langsung dicap sebagai pihak yang merugikan pihak lain melalui serangan siber.

Namun sejatinya pengertian itu bisa dijadikan konotasi yang positif. Pasalnya ada beberapa Hacker yang membobol sistem keamanan siber dengan tujuan yang baik semisal memberi tahu celah keamanan.


Advertisement

photoHacker. - (wallpapercave.com)

Mau tahu apa saja jenis hacker? berikut ini daftar tujuh jenis hacker:


Advertisement

Baca Juga :

1. Black hat

Black hat dari namanya sudah terlihat negatif. Hacker jenis ini memang sering melakukan tindakan yang merugikan pihak lain.

Black hat akan melakukan cara apapun untuk mengeksploitasi dan meretas sistem keamanan siber pihak tertentu.

Tujuan utama black hat sendiri adalah untuk mencuri data dan menjualnya di dark web. Selain itu, black hat juga akan mengambil alih perangkat retasannya sembari menyebarkan berbagai malware.

2. White hat

Berbeda dengan black hat, white hat merupakan Hacker yang memiliki tujuan baik dan mulia. Maka dari itu tindakan yang dilakukan white hat disebut dengan ethical hacking.

Cara kerja white hat sejatinya sama seperti black hat. Mereka akan menyerang sistem keamanan siber pihak tertentu.

Bedanya, tujuan white hat adalah melaporkan celah atau kelemahan sistem keamanan kepada pihak yang diretasnya, serta memberikan solusinya. Dengan begitu, sistem keamanan dapat diperkuat untuk mencegah peretasan.

Biasanya white hat tidak meminta imbalan atas tindakannya itu, namun jikapun pihak yang diretasnya memberikan imbalan, mereka akan menerima seikhlasnya atau disumbangkan kepada yang membutuhkan.

3. Grey hat

Sesuai namanya, grey hat berada di antara black hat dan white hat. Namun, tidak peretasan mereka tidak separah yang dilakukan black hat.

Hanya saja, mereka akan meminta imbalan jika pihak yang diretas meminta solusi memperbaiki sistem keamanan yang berhasil dibobol.

Contoh kasus dari grey hat ini adalah peretasan menggunakan ransomware. Mereka akan meretas data di komputer kita, juga mereka akan memberikan solusi dengan syarat imbalan berupa uang.

4. Red hat

Red hat bisa dibilang lawan utama black hat. Red hat akan melakukan tindakan hacking kepada black hat karena dianggap merugikan pihak tertentu. Mereka juga bisa mengambil alih sistem milik black hat itu sendiri.

Selain itu, red hat sering melakukan hacking untuk menyuarakan pesan yang berkaitan dengan ideologi, agama dan kritik terhadap pemerintah atau perusahaan.

Anonymous adalah salah satu contoh kelompok Hacker yang masuk kedalam jenis red hat.

5. Blue hat

Blue hat adalah jenis Hacker yang melakukan peretasan dengan motif balas dendam terhadap perusahaan atau suatu organisasi.

Biasanya blue hat adalah mantan karyawan yang kesal di PHK atau tidak puas dengan perlakuan yang diberikan perusahaan.

Namun level skill blue hat bisa dibilang lebih rendah ketimbang keempat jenis Hacker di atas.

6. Green Hat

Green hat juga sama seperti blue hat, skill hacking yang dimiliki masih rendah dan sering disebut sebagai junior hacker. Tujuan hacking green hat hanyalah sebatas untuk mengasah kemampuan agar tidak diremehkan Hacker lain.

Hacker jenis ini bisa berubah menjadi black hat, white hat atau grey hat tergantung tujuan akhir belajarnya serta lingkungan sekitarnya.

7. Script Kiddie

Script kiddie merupakan jenis Hacker yang paling ‘rendahan’. Sebab mereka tidak mengembangkan software hacking sendiri, melainkan menggunakan miliki Hacker lain.

Selain itu jenis serangan siber yang dilakukan script kiddie terbilang kurang merusak meskipun tetap mampu merugikan orang lain.

Script kiddie juga biasanya merupakan orang-orang yang ingin terlihat keren dan disebut hacker.

Naasnya, jika terkena hacking dari Hacker lain, script kiddie tidak mampu melakukan apa-apa karena pada dasarnya mereka tidak menguasai ilmu hacking.

Koleksi Video Lainnya:

Viral Kakek Potong Rambut Model French Crop, Mirip Adik Vanessa Angel?

Ricuh, Markas Polda Jabar Digeruduk Ribuan Anggota Ormas GMBI

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri