Light Dark

Ingin Meningkatkan Kesuburan? Konsumsi 9 Makanan Ini!

Sehat | 27 Jan 2022, 09:15 WIB
Ilustrasi Meningkatkan Kesuburan | Unplash.com

SUKABUMIUPDATE.com - Selain menerapkan gaya hidup sehat, Kesuburan juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

Jadi jika kamu merupakan pasangan yang baru menikah, atau yang sudah menikah lama tapi belum memiliki momongan, kamu bisa mulai mengkonsumsi sembilan makanan di bawah ini ya.

Karena pada dasarnya asupan nutrisi dapat mempengaruhi tingkat Kesuburan seseorang. Sehingga saat wanita tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, dia berisiko mengalami kesulitan hamil.


Advertisement

Nah jadi apa saja ya kira-kira makanan yang dapat meningkatkan kesuburan? Silahkan disimak ya.

Baca Juga :


Advertisement

1. Sayuran Hijau

photoIlustrasi Sayuran Hijau - (gettyimage.com)

Bayam, kangkung, brokoli dan kubis merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan.

Selain kaya serat, protein dan vitamin dalam sayuran tersebut juga mengandung antioksidan, folat hingga zat besi yang dapat menyuburkan kandungan. 

2. Buah Alpukat

photoIlustrasi Buah Alpukat - (Pinterest)

Alpukat termasuk makanan yang dapat meningkatkan Kesuburan seseorang. 

Buah berwarna hijau dan kuning ini banyak mengandung vitamin K yang dapat membantu tubuh kamu menyerap nutrisi secara efektif dan dapat menjaga keseimbangan hormon lho.

3. Buah Jeruk

photoIlustrasi Buah Jeruk - (Pexels.com)

Selain alpukat, buah jeruk juga meningkatkan kualitas sel telur dan melancarkan sirkulasi menstruasi dan ovulasi.

Seperti yang sudah diketahui bahwa buah jeruk merupakan sumber vitamin C, selain itu buah ini juga mengandung kalium, kalsium folat dan antioksidan.

4. Salmon

photoIlustrasi Salmon - (Pixabay)

Ikan yang satu ini merupakan salah satu sumber protein, asam amino dan asam lemak omega-3 yang baik.

Berkat semua kandungan itu, ikan salmon memberikan banyak manafaat untuk kesehatan tubuh dan salah satunya  adalah meningkatkan Kesuburan seseorang.

Selain itu, ikan yang satu ini juga mendukung perkembangan otak janin didalam perut serta dapat menambah berat badan si bayi.

Minusnya, ikan salmon tergolong mahal dan cukup sulit untuk dijangkau oleh sebagian orang. Tapi ada alternatif lain yang bisa menggantikan ikan ini, yaitu dengan mengkonsumsi ikan tuna, tenggiri dan sarden. 

Kandungan nutrisi dari ketiga ikan itu tidak berbeda jauh dengan kandungan nutrisi dalam ikan salmon.

5. Biji Bunga Matahari

photoIlustrasi Biji Bunga Matahari - (Unplash.com)

Nah cemilan yang kita ketahui sebagai kuaci ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang penting untuk meningkatkan Kesuburan lho.

Kuaci mengandung vitamin E, folat, selenium, antioksidan dan asam lemak omega-6.

6.Telur 

photoIlustrasi Telur - (Unplash.com)

Telur mengandung asam amino yang sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan.

Bahkan asam amino seperti arginin sering  ditambahkan ke dalam suplemen untuk Kesuburan yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium.

7. Susu , Keju dan Yogurt

photoIlustrasi Susu - (Pexels.com)

Susu, keju dan yogurt yang memiliki kandungan lemak tinggi dianjurkan untuk dikonsumsi jika kamu ingin meningkatkan kesuburan.

Namun selama menerapkan asupan ini kamu harus menghindari mengkonsumsi makanan mentah, makanan yang mengandung lemak dan minuman beralkohol dan kafein, karena hal tersebut akan mengganggu tingkat kesuburan.

8. Kacang Kenari 

photoIlustrasi Kacang Kenari - (Unplash.com)

Kacang ini masuk ke dalam kacang-kacangan yang direkomendasikan bagi kamu yang ingin cepat memiliki momongan.

Kacang kenari mengandung serat yang tinggi, omega-3 dan magnesium yang beperan penting untuk meningkatkan produksi hormon progesteron dan untuk melancarkan aliran daran ke rahim yang berfungsi membantu kesuburan.

9. Tiram

photoIlustrasi Tiram - (Unplash.com)

Dari beberapan penelitian kandungan zat besi  dan zinc dalam tiram berperan penting untuk meningkatkan Kesuburan wanita.

Selain itu, makanan ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi kamu dan pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan

Baca Juga :

Nah itulah sembilan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, bagi kamu dan pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan cobalah untuk mengkonsumsi makanan ini ya. 

Tetap semangat dan jangan menyerah!

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah