Segera Dibuka! Beasiswa IISMA 2022, Belajar Singkat di Universitas Luar Negeri

Rabu 26 Januari 2022, 17:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka pendaftaran Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA pada Maret 2022 mendatang. Program beasiswa ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa belajar singkat di universitas terkemuka di luar negeri. 

Mengutip tempo.co, program ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan. Mahasiswa dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan. 

Peserta program IISMA mendapatkan manfaat berupa biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan visa. Dikutip dari laman resmi Direktorat Pendidikan Tinggi, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di luar negeri selama satu semester, pada tahun ini program IISMA membuka kuota sebanyak 1.000 mahasiswa. 

Pendaftaran rencananya dibuka pada 1-31 Maret 2022 dan kegiatan dimulai pada Agustus mendatang. Kampus yang menjadi mitra IISMA merupakan top 100 berdasarkan QS World University Ranking 2022.

Persyaratan mengikuti program IISMA, antara lain warga negara Indonesia, mahasiswa S-1 aktif untuk semester 4-6, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan sertifikat Bahasa Inggris; IELTS (6.0), TOEFL-iBT (78), Duolingo English Test (100), mendapat rekomendasi dari universitas asal dengan dibuktikan melalui surat usulan wakil rektor bidang akademik, dan nilai IPK minimal 3.0.

Siti Rifanny Nur Alyaa, salah satu peserta IISMA dari Universitas Padjadjaran menceritakan pengalamannya ketika menjalani program ini. Perempuan yang akrab disapa Fanny ini merupakan peserta IISMA di University of Szeged, Hungaria. Fanny mengikuti program tersebut sejak awal September hingga akhir Desember 2021.

Selama di sana Fanny mengikuti perkuliahan dan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Fanny mengikuti perkuliahan pada program business administration and management, khususnya untuk mata kuliah business ethics, project management, marketing channels, dan business writing. Hampir seluruh mata kuliah yang setara dengan 20 SKS itu mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

“Pengalaman di sana enggak cuma belajar dari buku saja melainkan di sana juga belajar mengembangkan hard skill dan soft skill. Di sana bukan sekadar jadi anak kost, tapi belajar jadi manusia yang independen,” kata Fanny kepada Tempo.

Sejumlah kegiatan juga diikuti seperti pertemuan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hungaria, lomba dan latihan bahasa Inggris, serta sejumlah forum diskusi lainnya. Fanny juga belajar banyak hal termasuk budaya dan kebiasaan orang Eropa yang mengadaptasi budaya work life balance dalam kehidupan sehari-hari. Dia mencontohkan, waktu perkuliahan di sana tidak dilakukan selama seminggu penuh melainkan hanya tiga hari saja. “Hanya Selasa, Rabu, dan Kamis dan hanya satu setengah jam,” ujar mahasiswi semester enam program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini.

Selama menjalani program, Fanny ditunjuk sebagai  representatif  IISMA untuk University of Szeged. Di tengah kegiatan, dia sempat kelelahan dan dirawat di rumah sakit. Tapi, dia bisa bangkit dan menjalani program dengan baik. Pengalamannya itu mengantarkan Fanny terpilih menjadi awardee terbaik program Indonesian International Studenty Mobility Awards pada Anugerah Kampus Merdeka Diktiristek 2021. “Aku ingin sampaikan pada teman-teman untuk mencoba Program IISMA. Bakal jadi pengalaman berharga yang benar-benar kalian tidak akan lupakan,” ujar Fanny.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)
Life26 April 2024, 11:13 WIB

Ini 5 Cara untuk Mengajari Anak Berpikir Sendiri, Salah Satunya Berikan Contoh

Mengambil langkah mundur dan membiarkan anak-anak berpikir sendiri mungkin merupakan tugas yang sulit bagi orang tua.
Ilustrasi mengajari anak berpikir sendiri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 11:03 WIB

Perhatikan Dampaknya, Terapkan 6 Cara Ini untuk Mengajari Anak Bersikap Baik

Mengajarkan Anak tentang kebaikan merupakan hal yang sangat penting agar mereka memiliki rasa empati terhadap sesama.
Ilustrasi anak bersikap baik. | Foto: Freepik/@freepik
Aplikasi26 April 2024, 11:00 WIB

Mudah dan Gak Perlu Ribet! 3 Cara Menambahkan Tanda Tangan Online di PDF

Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF. (Sumber : Freepik.com).
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Life26 April 2024, 10:32 WIB

Coba Berbohong, 6 Masalah Umum Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Mengatasinya

Semua anak pasti bertingkah laku, namun masalah perilaku tertentu pada anak usia 3 tahun dan 4 tahun tidak boleh diabaikan. Inilah cara menangani perilaku menentang pada anak prasekolah Anda.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 10:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses

Berikut Sederet Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses.
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto