Light Dark

Jenis Wagashi: Manisan Tradisional Khas Jepang

Kuliner | 27 Jan 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Jenis Wagashi Manisan Tradisional Khas Jepang | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Wagashi merupakan makanan manisan atau kudapan khas Jepang.

Wagashi biasanya dinikmati dengan secangkir teh hijau atau juga sebagai makanan penutup. Kudapan ini juga memiliki ragam dan metode pengelolaan yang khas.

Uniknya, jenis-jenis Wagashi ini dapat ditemui di berbagai musim tertentu. Penasaran apa saja?


Advertisement

photoWagashi Manisan Tradisional Khas Jepang - (iStock)

Berikut adalah beberapa jenis Wagashi Khas Jepang.


Advertisement

1. Nama-Gashi

Nama-gashi hadir dalam berbagai pilihan kudapan manis. Umumnya terbuat dari tepung ketan (mocha-gome), Katen (agar-agar), (gula dan pasta kacang merah) dan Tepung terigu. Biasanya Nama-gashi dibentuk menjadi bentuk yang sangat unik.

2. Hi-gashi

Hi-gashi pada dasarnya adalah Wagashi kering (bukan kudapan basah). Terbuat dari beras ketan dan gula. adonannya menggunakan cetakan kayu.

3. Namban-gashi

Namban-gashi merupakan Salah satu kudapan yang asal mulanya dibawa oleh orang – orang Spanyol ke Jepang pada abad ke-16.

4. Ama-natto  

Jenis kacang yang berbeda dengan azuki atau kacang merah yang direbus kemudian ditaburi gula. manisan ini sangat cocok dijadikan pendamping saat minum teh.

5. Yokan

Cemilan manis satu ini seperti jeli yang terbuat dari agar ketan dan gula. Memiliki varian rasa seperti rasa teh hijau, kacang azuki dan gula hitam.

6. Anmitsu

Anmitsu merupakan hidangan penutup (dessert). Anmitsu terdiri dari pasta kacang manis, buah-buahan, pangsit tepung beras serta agar kateng yang dipotong dadu, dan dibalut dengan sirup gula merah (korumitsu).

7. Dango

Dango juga termasuk kedalam makanan penutup (dessert) seperti oshiruko dan anmitsu. Dango terbuat dari tepung beras dan biasanya berisi tiga hingga empat kue yang ditusuk seperti sate dan disiram dengan pasta kacang atau saus manis.

8. Daifuku

Daifuku, manisan yang terbuat dari beras lunak atau mochi yang dililitkan dengan pasta kacang halus atau isinya.

Baca Juga :

Kemudian ditutup dengan sedikit tepung ketang agar Daifuku tidak saling menempel. Varian yang sangat populer daifuku seperti Kacang (mame) Strawberry (ichigo) dan juga ice cream.

9. Dorayaki

Dorayaki disajikan dengan pasta kacang yang diapit diantara dua roti bak panekuk. Dorayaki memiliki varian modern yang diisi dengan isian selain pasta kacang seperti; krim puding, krim kocok dan juga krim rasa teh hijau.

10. Manju

Manju merupakan sejenis roti kecil yang dikukus atau dipanggang. Manju tradisional biasanya bulat dengan lapisan luar yang halus, namun jika dipanggang memiliki bentuk yang populer. Manju berisi pasta kacang atau dapat juga dengan isian manisan lainnya.

11. Taiyaki

Cemilan berbentuk ikan ini sering dijumpai di anime – anime. Cemilan ini terbuat dari adonan yang mirip dengan pancake dengan isian pasta kacang manis.

Isian modern bisa di isi dengan coklat, keju atau krim custard. Taiyaki lebih nikmat jika dimakan saat masih panas dan adonan terasa renyah.

12. Monaka

Cemilan yang hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran yang sederhana seperti kerrang bundar hingga bentuk yang paling rumit. Monaka terbuat dari cangkang waper yang diisi dengan pasta kacang manis.

13. Oshriku/ zenzai

Manisan satu ini sejenis sup pencuci mulut yang terdiri dari sup kacang manis panas dan kue beras panggang (Mochi) atau beras tepung. Zenzai sendiri serupa dengan Oshriku namun dihidangkan dengan sup yang lebih kenal

Image

Admin SUpdate

Image

Noity