Jenis Wagashi: Manisan Tradisional Khas Jepang

Kamis 27 Januari 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wagashi merupakan makanan manisan atau kudapan khas Jepang.

Wagashi biasanya dinikmati dengan secangkir teh hijau atau juga sebagai makanan penutup. Kudapan ini juga memiliki ragam dan metode pengelolaan yang khas.

Uniknya, jenis-jenis wagashi ini dapat ditemui di berbagai musim tertentu. Penasaran apa saja?

photoWagashi Manisan Tradisional Khas Jepang - (iStock)

Berikut adalah beberapa jenis wagashi Khas Jepang.

1. Nama-Gashi

Nama-gashi hadir dalam berbagai pilihan kudapan manis. Umumnya terbuat dari tepung ketan (mocha-gome), Katen (agar-agar), (gula dan pasta kacang merah) dan Tepung terigu. Biasanya Nama-gashi dibentuk menjadi bentuk yang sangat unik.

2. Hi-gashi

Hi-gashi pada dasarnya adalah wagashi kering (bukan kudapan basah). Terbuat dari beras ketan dan gula. adonannya menggunakan cetakan kayu.

3. Namban-gashi

Namban-gashi merupakan Salah satu kudapan yang asal mulanya dibawa oleh orang – orang Spanyol ke Jepang pada abad ke-16.

4. Ama-natto  

Jenis kacang yang berbeda dengan azuki atau kacang merah yang direbus kemudian ditaburi gula. manisan ini sangat cocok dijadikan pendamping saat minum teh.

5. Yokan

Cemilan manis satu ini seperti jeli yang terbuat dari agar ketan dan gula. Memiliki varian rasa seperti rasa teh hijau, kacang azuki dan gula hitam.

6. Anmitsu

Anmitsu merupakan hidangan penutup (dessert). Anmitsu terdiri dari pasta kacang manis, buah-buahan, pangsit tepung beras serta agar kateng yang dipotong dadu, dan dibalut dengan sirup gula merah (korumitsu).

7. Dango

Dango juga termasuk kedalam makanan penutup (dessert) seperti oshiruko dan anmitsu. Dango terbuat dari tepung beras dan biasanya berisi tiga hingga empat kue yang ditusuk seperti sate dan disiram dengan pasta kacang atau saus manis.

8. Daifuku

Daifuku, manisan yang terbuat dari beras lunak atau mochi yang dililitkan dengan pasta kacang halus atau isinya.

Baca Juga :

Kemudian ditutup dengan sedikit tepung ketang agar Daifuku tidak saling menempel. Varian yang sangat populer daifuku seperti Kacang (mame) Strawberry (ichigo) dan juga ice cream.

9. Dorayaki

Dorayaki disajikan dengan pasta kacang yang diapit diantara dua roti bak panekuk. Dorayaki memiliki varian modern yang diisi dengan isian selain pasta kacang seperti; krim puding, krim kocok dan juga krim rasa teh hijau.

10. Manju

Manju merupakan sejenis roti kecil yang dikukus atau dipanggang. Manju tradisional biasanya bulat dengan lapisan luar yang halus, namun jika dipanggang memiliki bentuk yang populer. Manju berisi pasta kacang atau dapat juga dengan isian manisan lainnya.

11. Taiyaki

Cemilan berbentuk ikan ini sering dijumpai di anime – anime. Cemilan ini terbuat dari adonan yang mirip dengan pancake dengan isian pasta kacang manis.

Isian modern bisa di isi dengan coklat, keju atau krim custard. Taiyaki lebih nikmat jika dimakan saat masih panas dan adonan terasa renyah.

12. Monaka

Cemilan yang hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran yang sederhana seperti kerrang bundar hingga bentuk yang paling rumit. Monaka terbuat dari cangkang waper yang diisi dengan pasta kacang manis.

13. Oshriku/ zenzai

Manisan satu ini sejenis sup pencuci mulut yang terdiri dari sup kacang manis panas dan kue beras panggang (Mochi) atau beras tepung. Zenzai sendiri serupa dengan Oshriku namun dihidangkan dengan sup yang lebih kenal

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).